Korem Garuda Dempo siapkan diri hadapi bencana

id Korem Garuda Dempo,bencana alam,berita sumsel,berita palembang,hadapi bencana,BPBD Sumsel,Basarnas,Basarnas Palembang,Rano Hizkia Gultom

Korem Garuda Dempo siapkan diri hadapi bencana

Prajurit TNI AD Korem 044 Garuda Dempo (Gapo). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin M)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jajaran Korem 044/Garuda Dempo siap menghadapi bencana saat musim penghujan karena telah mempersiapkan diri melalui pembekalan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Basarnas.

Kepala Seksi Operasi Korem 044/Garuda Dempo (Gapo) Letkol Inf Andik Siswanto saat meninjau latihan di Palembang, Rabu mengatakan, latihan ini guna meningkatkan sinergitas hubungan kerja antara TNI AD khususnya Korem 044/Gapo dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya.

"Dalam hal ini Korem 044/Gapo sebagai Satuan Komando Kewilayahan mempunyai tugas membantu Pemerintah Daerah dalam menangani bencana alam," ujar dia.

Dia mengatakan, selain itu untuk meningkatkan kemampuan bila terjadi bencana baik banjir maupun tanah longsor.

"Apalagi Sumsel sering terjadi bencana baik tanah longsor maupun banjir saat musim penghujan sehingga perlu diantisipasi," kata dia.

Jadi latihan dalam penanggulangan bencana banjir dan longsor dari Basarnas dan BPBD Sumsel tidak lain untuk meningkatkan kemampuan prajurit, ujar dia.

"Latihan yang mengikutsertakan seluruh unsur yang terkait itu diharapkan mampu melaksanakan komando pengendalian dan kerja sama antar unsur yang terlibat," ujar dia.

Pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam lanjutan ini dengan materi khususnya dari BPBD Sumsel dan Basarnas Palembang.

Pembekalan diawali penyampaian materi Basic First Aid (Pertolongan pertama tingkat dasar) yang disampaikan Rano Hizkia Gultom dari Basarnas Palembang, dilanjutkan meteri peran Pemerintah dalam penanggualangan bencana oleh Ansori dari BPBD.

Sementara materi pengurangan resiko banjir, tanah longsor dan bencana lainnya yang disampaikan Syaifudina. N dari BPBD Sumsel.

Kegiatan latihan yang diikuti ratusan prajurit dari jajaran Korem 044/Gapo ini, setelah menerima pembekalan materi dilanjutkan pengenalan dan praktek alat perlengkapan yang digunakan dalam penanggulangan bencana banjir, seperti perahu karet dan praktek tenda lapangan, water treatment portable, mobil dapur lapangan.