Pemkot terapkan aplikasi e-budgeting SKPD

id e-budgeting,skpd,dinas,pemkot palembang

Inspektur Kota Palembang Gusmah Yuzar, Rabu (18/7) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

....Misalnya dalam pembelian kertas dan pena, setiap SKPD yang membeli kebutuhan ini akan sama dengan SKPD lainnya....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah kota Palembang akan menerapkan aplikasi e-budgeting kepada seluruh satuan kepala pemerintah daerah untuk penyamaan satuan harga. 

"Kami membahas standar satuan harga untuk menampung barang dan jasa yang ditetapkan akhir tahun yang akan digunakan pada tahun 2019 dengan menerapkan e-planning dan e-budgeting," ujar Inspektur Kota Palembang, Gusmah Yuzar, Rabu (18/7).

Dikatakannya dalam rangka e-palnning dan e-budgeting ini tidak ada lagi perbedaan harga dari setiap SKPD. Nanti harga yang sudah ditetapkan diinput ke ke aplikasi e-budgeting. 

"Misalnya dalam pembelian kertas dan pena, setiap SKPD yang membeli kebutuhan ini akan sama dengan SKPD lainnya," katanya.

Selain itu sistem pendataan keuangan pun bisa berlangsung secara efisien dan efektif. 

Dengan menggunakan sistem dan jaringan terpadu, maka pemerintah daerah bisa langsung mengendalikan dan mengevaluasi secara langsung.

"Untuk tahap awal kami akan meminta draft pada setiap SKPD," katanya. 

Untuk perjalanan dinas dikatakan Gusmar tidak membahas anggaran secara detail. Tapi menerima masukan dan kendala yang dihadapi SKPD. Misalnya masukan perjalanan dinas menggunakan maskapai garuda indonesia atau tidak. 

Sebenarnya silahkan saja sepanjang perjalanan dinas tersebut sesuai dengan tiga kategori efisien itu hemat, efektif sesuai kebutuhan dan akuntabel bisa dipertanggung jawabkan sesuai peraturan. 

"Namun memang jika perjalanan dinas bisa menggunakan maskapai lebih murah tentunya menghemat anggaran dan daoat dipergunakan untuk kebutuhan lainnya," tukasnya.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar