Jokowi jajal arena dayung Jakabaring

id aran dayung,berita sumsel,berita palembang,Joko Widodo,presiden,dragon boat,Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia

Jokowi jajal arena dayung Jakabaring

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar (kedua kanan) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri) menaiki perahu naga saat pembukaan Lomba Dayung Perahu Naga Piala Presiden RI di arena dayung Jakabaring Rowing and Canoeing Regatta Course, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/7). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

 
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Presiden Joko Widodo menjajal arena dayung internasional yang berada di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, Palembang, Sabtu, dengan mendayung perahu jenis "dragon boat" bersama sejumlah atlet nasional.

Di perahu itu, Jokowi duduk bersebelahan dengan ketua PKB Muhaimin Iskandar yang memang sejak pagi bersama-sama turut memantau lima arena di JSC.

Kira-kira sejauh 100 meter Jokowi turut mengayuh perahu naga itu. Perahu yang berisi 12 orang itu bergerak dengan kecepatan sedang mengikuti irama gendang yang ditabuh sang komando.

Setiba di dermaga, Jokowi langsung disambut oleh sejumlah menteri di antaranya Menteri PU/PR Basuki Hadi Muljono.

Jokowi yang mengenakan setelan kaos putih dan jeans serta sepatu kets berwarna merah langsung meresmikan arena dayung tersebut dan sekaligus membuka Piala Presiden Dragon Boat yang diikuti delapan negara.

"Saya senang sudah mencoba arena ini, saya harap atlet bisa berprestasi di Asian Games nanti," kata dia.

Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan untuk para juara Piala Presiden Kejuaraan Dayung Tradisional Dragon Boat 2018 senilai total Rp1 miliar.

"Kami siapkan total hadiah pembinaan senilai Rp1 miliar," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang juga Ketua PODSI dalam sambutannya.

Arena dayung di Danau Jakabaring ini memiliki panjang lintasan 2.200 meter dengan lebar 150 x 300 meter yang dapat juga digunakan untuk jetski.

Danau Jakabaring ini awalnya memiliki panjang 1.000 meter, namun untuk kebutuhan Asian Games dilakukan penambahan panjang lintasan.