Palembang bangun tiga kolam retensi

id kolam retensi,kompleks Mako Brimob Polda Sumsel,Harobin Mastofa,pembersihan saluran air,anak Sungai Musi,mengatasi banjir,berita antara,berita sumsel,

Palembang bangun tiga kolam retensi

Dokumentasi- Pembangunan kolam retensi di Kota Palembang. (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, sedang membangun tiga kolam retensi sebagai upaya mengatasi masalah banjir ketika terjadi hujan lebat cukup lama lebih dari satu jam.

Salah satu kolam retensi yang sedang dalam proses pengerjaan yakni kolam retensi di sekitar kompleks Mako Brimob Polda Sumsel, Bukit Besar, kata Sekretaris Daerah Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, hingga sekarang telah dibangun lebih dari 30 unit kolam retensi yang tersebar di sejumlah kawasan permukiman, perkantoran, rumah sakit, dan kawasan bisnis rawan banjir.

Untuk mengatasi masalah banjir ketika hujan deras turun, sambil menunggu pembangunan kolam retensi hingga mencapai angka ideal sekitar 60 kolam, Pemkot Palembang mengintensifkan program gotong royong setiap akhir pekan.

Dalam kegiatan gotong royong bersama warga kota itu dilakukan pembersihan saluran air dan normalisasi anak Sungai Musi di kawasan permukiman penduduk dan sejumlah tempat lainnya, katanya.

Dia menjelaskan,, untuk mempercepat pembangunan kolam retensi hingga mencapai angka ideal tersebut, pihaknya membutuhkan dukungan pemerintah pusat karena keterbatasan keuangan daerah.

Dalam kegiatan pembangunan kolam retensi pada 2018 pihaknya mendapat bantuan pembangunan dua unit kolam retensi dari pemerintah pusat, kata Sekda Harobin Mastofa.