Jamkrida sumsel siapkan Rp800 miliar jamin kredit UMKM

id jamkrida,kredit umkm, jaminan kredit, umkm,bumd,kredit,ukm,industri kecil, kredit pelaku usaha

Jamkrida sumsel siapkan Rp800 miliar jamin kredit UMKM

Dirut PT Jamkrida Askin Hatta. (ANTARA News Sumsel/16/Yudi Abdullah)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Badan Usaha Milik Daerah PT Jaminan Kredit Daerah atau Jamkrida Sumatera Selatan pada 2018 ini menyiapkan dana sekitar Rp800 miliar untuk menjamin kredit pelaku usaha mikro kecil dan menengah di 17 kabupaten dan kota.

"Dana jaminan itu secara bertahap ditingkatkan sehingga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di provinsi ini semakin banyak yang bisa dibantu mendapatkan pinjaman modal usaha dari perbankan," kata Direktur Utama PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan, Dian Askin Hatta di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya mengembangkan pelayanan dan meningkatkan alokasi dana penjaminan sehingga jumlah pelaku UMKM yang bisa difasilitasi mendapatkan kredit dari perbankan semakin banyak.

Dengan alokasi dana jaminan kredit tersebut, pihaknya menargetkan memfasilitasi kredit 8.000 pelaku UMKM yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

Dengan memanfaatkan produk penjaminan (surety bond) Jamkrida, diharapkan ke depan tidak ada lagi pelaku UMKM di daerah ini mengalami kesulitan mendapatkan dukungan modal usaha untuk menjalankan usaha yang ada atau melakukan pengembangan, katanya.

Dia menjelaskan, keberadaan PT Jamkrida Sumsel dalam empat tahun terakhir mulai dirasakan oleh pelaku UMKM di provinsi ini yang selama ini sulit memperoleh pinjaman dari perbankan karena tidak memiliki jaminan kredit.

"Dengan adanya BUMD ini, pelaku UMKM yang dinilai serius menjalani usaha dan berupaya melakukan pengembangan semuanya bisa difasilitasi dengan baik memperoleh pinjaman modal usaha dari perbankan dan lembaga pengelola dana bergulir (LPDB) yang bekerja sama dengan PT Jamkrida Sumsel," ujar Askin.