Populerkan batik Cual melalui lomba busana

id batik cual

Populerkan batik Cual melalui lomba busana

Ilustrasi - Kain tenun cual atau songket cual Bangka. Cual Bangka dulunya lebih dikenal dengan sebutan Limar Mentok. (FOTO ANTARA)

Kain cual pertama diciptakan berupa tenun, namun pada perkembangannya diproduksi dengan cara dibatik ....
Muntok (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung berupaya mempopulerkan kain batik motif cual melalui lomba cipta dan peragaan busana yang akan dilaksanakan sekitar Juli 2013.

"Ini merupakan kegiatan perdana dan terbuka untuk umum. Rencananya kami juga akan mengundang Putri Indonesia sebagai tamu kehormatan sekaligus memeriahkan Hari Koperasi" ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat Rukiman di Muntok, Jumat.

Ia menjelaskan, pelaksanaan lomba cipta busana itu rencananya akan dibarengi dengan pameran produk usaha kecil dan menengah (UKM) lokal dengan melibatkan seluruh pelaku usaha di daerah itu.

"Enam kecamatan di Bangka Barat memiliki potensi UKM andalan masing-masing yang selama ini belum terekspos, melalui pameran ini kami harapkan keunikan UKM khas lebih dikenal masyarakat luas," katanya.

Terkait lomba cipta busana bertemakan batik motif cual, Rukiman mengatakan, motif kain cual merupakan motif asli Bangka Barat peninggalan leluhur yang selama ini belum begitu populer karena produksinya sangat minim.

"Kain cual pertama diciptakan berupa tenun, namun pada perkembangannya diproduksi dengan cara dibatik karena lebih mudah pengerjaannya dan bisa dilakukan massal," kata dia.

Menurut dia, meskipun produksinya masih terbatas, namun ke depan diyakini batik motif cual akan mampu bersaing dengan batik daerah lain karena memiliki kekhasan sendiri dengan aneka ragam motif khas melayu.

Dengan adanya lomba cipta busana ini diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para pelaku usaha busana dan warga yang ingin mengembangkan batik motif cual sehingga bisa memberi alternatif usaha yang cukup menjanjikan.

"Pada intinya kami ingin kegiatan ini bisa menumbuhkan usaha-usaha baru seperti kerajinan kain batik, usaha konveksi dan usaha kerajinan lain yang bisa diaplikasi dengan motif cual sehingga cual bisa menjadi populer dan identitas dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Selain itu, kata dia, dilaksanakannya lomba cipta dan peragaan busana ini juga diharapkan untuk menumbuhkan desainer handal dari daerah itu.