Duh, sampah tak diundang di Gunung Gede Pangrango capai se-ton

id cianjur,tnggp, gunung gede-pangrango,pendaki nakal, sampah gunung, pendaki indonesia,jalur pendakian, taman nasional

Duh, sampah tak diundang di Gunung Gede Pangrango capai se-ton

Relawan Basecamp Sauyunan Gunung Gede-Pangrango, Cianjur, Jawa Barat, melakukan operasi bersih sampah dari jalur pendakian hingga puncak gunung. (ANTARA/Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bersama relawan Basecamp Sauyunan menurunkan 1 ton sampah dari puncak gunung yang ditinggalkan para pendaki.

Kepala Balai Besar TNGGP Adhi Nurul Hadi saat dihubungi di Cianjur, Jawa Barat, Senin, mengatakan pihaknya sudah menerapkan berbagai cara untuk mengatasi masalah sampah mulai dari jalur pendakian hingga puncak Gunung Gede, namun masih banyak sampah yang ditinggalkan para pendaki.

"Berbagai cara dilakukan mulai memperketat pemeriksaan barang bawaan saat naik dan turun untuk memastikan barang yang berpotensi menjadi sampah wajib dibawa turun kembali termasuk menyediakan tempat sampah sementara (TPS)," katanya.



Menurut dia, kesadaran dan kepatuhan menjadi standar operasi dan prosedur (SOP) saat melakukan pendakian, sehingga hal tersebut menjadi tantangan pihaknya dalam menekan jumlah sampah di area puncak juga sepanjang jalur pendakian.

"Kembali lagi ke pendakinya, kalau memiliki kesadaran tinggi tentunya mereka akan menjadikan kebiasaan membawa sampah saat turun, sehingga tidak ada sampah di jalur pendakian hingga puncak," katanya.