Pemahaman penggunaan obat secara tepat jadi kunci kesehatan keluarga

id Ida Budi Gunadi Sadikin,Kementerian Kesehatan,Penggunaan obat,Kesehatan keluarga,Obat,Abtubiotik,Ibu

Pemahaman penggunaan obat secara tepat jadi kunci kesehatan keluarga

Arsip - Anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) Ida Budi Gunadi Sadikin dalam acara imunisasi HPV di Jakarta, Kamis (16/11/2023). ANTARA/HO-Kemenkes.

Jakarta (ANTARA) - Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan Ida Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemahaman akan tata cara penggunaan obat yang tepat dan rasional menjadi kunci dalam menjaga kesehatan keluarga.

"Saat seorang keluarga sakit, ibu menjadi garda terdepan untuk merawat dan memberikan obat. Penting bagi para ibu untuk mengetahui cara menggunakan obat yang tepat dan rasional," kata Ida saat membuka sebuah acara diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, penggunaan obat yang tidak tepat dan tidak sesuai aturan justru akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Oleh karenanya, penggunaan obat yang tepat dan rasional perlu dipahami dan diterapkan agar menjadi budaya dalam keluarga.

Ida memaparkan hal-hal penting yang perlu dipahami terkait penggunaan obat, misalnya perihal memperoleh obat. Dirinya menekankan obat keras dan antibiotik harus diperoleh dan dikonsumsi sesuai dengan resep yang diberikan dokter.