Kanwil Kemenkumham Sumsel-DJKI gelar Paten Festival di Unsri

id Kanwil Kemenkumham Sumsel, kemenkumham, paten, ki, kekayaan intelektual, hak ekslusif, gelar, paten festival, poss, un

Kanwil Kemenkumham Sumsel-DJKI gelar  Paten Festival di Unsri

Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel sosialisasi pendaftaran paten (ANTARA/HO-Kemenkumham SS/24)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar Paten Festival di Kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, 4-5 Juli 2024.

"Kegiatan yang merupakan bagian Paten One Stop Service (POSS) itu digelar untuk meningkatkan pendaftaran hak eksklusif berupa ide/gagasan dan penemuan di bidang teknologi serta karya ilmiah kalangan kampus atau perguruan tinggi agar mendapat perlindungan hukum," kata Plh. Kakanwil Kemenkumham Sumsel Rahmi Widhiyanti, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pihaknya terus mendorong masyarakat untuk mendaftarkan paten yang merupakan salah satu bidang kekayaan intelektual (KI) kepada DJKI Kemenkumham.

"Kanwil Kemenkumham Sumsel yang merupakan perpanjangan tangan dari DJKI akan terus mendukung kalangan perguruan tinggi, industri, dan seluruh lapisan masyarakat dalam asistensi dan drafting pengurusan paten," ujarnya.

Dia menjelaskan, selain melakukan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pendaftaran paten, pihaknya juga melakukan koordinasi asistensi serta penelusuran paten di perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) dalam provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.