Menparekraf: Idul Adha beri kontribusi ekonomi Rp200 triliun

id Kemenparekraf, sandiaga uno, idul adha, kurban kontribusi ekonomi,berita palembang, berita sumsel

Menparekraf: Idul Adha beri kontribusi ekonomi Rp200 triliun

Menparekraf Sandiaga Uno membagikan 420 daging kurban Kemenparekraf di Jakarta, Rabu (19/6/2024). (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah memberikan kontribusi lebih dari Rp200 triliun bagi perekonomian Indonesia.
 
Angka itu didapat mulai dari proses hulu hingga hilir, seperti penyediaan dan pengadaan hewan kurban, proses pemotongan, hingga pembuatan gulai atau rendang.
 
"Ini baru dari aspek berkurbannya yaitu dari total lebih dari 1,5 juta hewan kurban ini bisa membagikan total lebih dari Rp200 triliun," kata Sandiaga seusai membagikan daging kurban Kemenparekraf kepada 420 orang di Jakarta, Rabu.
 
Menparekraf mengatakan, kontribusi itu baru berasal dari 5 persen kepatuhan umat islam untuk melaksanakan ibadah kurban, sehingga apabila proyeksi 200 juta masyarakat Muslim Indonesia melakukan kurban, dampak berkelanjutan (multiplier effect) dari perayaan Idul Adha terhadap perekonomian RI semakin besar.