Kemenparekraf dorong Kota Palembang menjadi kota kreatif UNESCO

id Sumsel, palembang, kota kreatif, unesco, sandiaga uno, menparekraf

Kemenparekraf dorong Kota Palembang menjadi kota kreatif UNESCO

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Palembang, Minggu (15/9/2024). (ANTARA/ HO- Pemkot Palembang)

Palembang (ANTARA) -
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong Kota Palembang, Sumatera Selatan menjadi kota kreatif UNESCO agar dapat membuka lapangan usaha dan lapangan kerja lebih besar lagi untuk masyarakat.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Palembang, Minggu, mengatakan bahwa dengan mengajukan Kota Palembang sebagai kota kreatif UNESCO agar bisa membuka lapangan usaha dan lapangan kerja lebih besar lagi untuk masyarakat.
 
Ia menyampaikan bahwa untuk mendorong hal tersebut, inovasi-inovasi di bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus lebih banyak dikembangkan begitu juga dengan berbagai event atau kegiatan sehingga dapat menciptakan kolaborasi dalam pengembangan usaha.
 
"Kita harapkan Kota Palembang bisa menjadi kota kreatif dari UNESCO bakal diajukan. Sehingga bisa membuka lapangan usaha dan lapangan kerja lebih besar lagi untuk masyarakat," katanya.
 
 
Sementara itu Pj Wali Kota Palembang Ucok Abdulrauf Darmenta berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kota Palembang.
 
Termasuk dengan pemanfaatan lokasi- lokasi baru yang bisa diberdayakan oleh para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif.
 
"Kami melihat banyak aset di Palembang bukan aset kita, tapi provinsi maka kami sudah koordinasi. Ada aset museum tekstil yang akan dihidupkan kembali sehingga UMKM dan yang berkaitan dengan ekonomi kreatif kita bisa display disana," ucapnya.
 
Ia menambahkan bahwa saat ini Palembang sudah masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) yang diseleksi oleh Kemenparekraf mengalahkan ratusan kabupaten/kota lainnya.
 
Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah kota terus berkomitmen dalam pengembangan dan kemajuan Kota Palembang dari berbagai sektor terkhusus UMKM dan ekonomi kreatif.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf dorong Kota Palembang jadi kota kreatif UNESCO