Museum Sumsel pameran koleksi naskah di Aceh

id Aceh,Museum Aceh ,Pameran temporer,Filologika,Naskah,Disbudpar ,Kemenparekraf,17 museum di Sumatera pamerkan koleksi fil

Museum Sumsel pameran koleksi naskah di Aceh

Salah seorang pengunjung sedang melihat naskah tempo dulu yang dipamerkan di Gedung Paran Temporer, Museum Aceh, di Banda Aceh, Kamis (10/8/2023) (ANTARA/Nurul Hasanah)

Banda Aceh (ANTARA) - , Museum Balaputra Dewa Sumatera Selatan ikut memamerkan koleksi naskah atau filologi 10-14 Agustus 2023, di Gedung Pameran Temporer, Museum Aceh.

Sebanyak 17 museum di wilayah Pulau Sumatera memamerkan 75 koleksi filologika atau naskah tempo dulu unggulan.

"Koleksi filologika yang ditampilkan itu ditulis pada tempo dulu dan semuanya berisi ilmu pengetahuan di masa lalu," kata Kepala Disbudpar Aceh Almuniza Kamal, di Banda Aceh, Kamis.

Almuniza mengatakan, pameran filologi ini menampilkan koleksi naskah yang berisi tentang ilmu pengetahuan seperti tabir mimpi, pengobatan, hukum adat, dan sebagainya yang dituliskan di atas berbagai media tulis dari masa ke masa.

Adapun 17 museum di wilayah Sumatera yang memamerkan koleksi filologi tersebut yakni Museum Aceh, Museum Tsunami Aceh, Museum Sumatera Utara, Museum Adityawarman Sumatera Barat.

Kemudian, Museum Sang Nila Utama Riau, Museum Siginjei Jambi, Museum Balaputra Dewa Sumatera Selatan, Museum Bengkulu, Museum Ruwa Jurai Lampung, dan Museum Sriwijaya.

Selanjutnya, Museum Pidie Jaya, Museum Kota Lhokseumawe, Museum Samudera Pasai Aceh Utara, Museum Bireuen, Museum Kota Langsa, Museum UIN Ar-Raniry, dan Museum Ali Hasjmy Banda Aceh.

Dalam kesempatan ini, Almuniza juga mengajak masyarakat Aceh terutama kawula muda untuk mengunjungi Museum Aceh agar dapat mengenali sejarah lebih mendalam dan mengenal peradaban masa lalu.