Cuaca jadi kendala Rukyatul Hilal 1 Dzulhijjah 1445 di Palembang

id Kanwil Kemenag Sumsel,Hilal di Sumsel,Haji di Sumsel

Cuaca jadi kendala Rukyatul Hilal 1 Dzulhijjah 1445 di Palembang

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan mengungkapkan bahwa Rukyatul Hilal 1 Dzulhijjah 1445 H di Kota Palembang terhalang cuaca.  (ANTARA/ HO- Kemenag Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan mengungkapkan bahwa Rukyatul Hilal 1 Dzulhijjah 1445 H di Kota Palembang terhalang cuaca.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan di Palembang, Jumat, menjelaskan bahwa Rukyatul Hilal 1 Dzulhijjah 1445 H di Kota Palembang terhalang cuaca.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil perhitungan, matahari terbenam di Kota Palembang pada pukul 17:59:32 WIB. Ketinggian hilal di Palembang pada sore ini berada di 9 derajat 16 menit 51 detik di atas ufuk mar’ie.

Hasil ini langsung dilaporkan ke Kemenag RI untuk menjadi bahan penetapan tanggal 1 Dzulhijjah 1445 H melalui sidang isbat.

“Pada saat matahari terbenam, menurut hisab hilal sudah ada di atas ufuk sehingga hilal kemungkinan dapat dirukyat. Namun di Kota Palembang tidak terlihat dikarenakan pengaruh cuaca,” katanya.

Menurutnya berdasarkan kriteria Imkanurrukyah terbaru Mabims (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) ketinggian hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi minimal 6,4 derajat, maka tanggal 1 Dzulhijjah 1445 H diperkirakan jatuh pada Sabtu, 08 Juni 2024. Artinya Hari Raya Idul Adha 1445 H jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024.

“Hasil rukyatul hilal sore ini langsung kita sampaikan kepada Kemenag RI c.q Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah di Jakarta untuk menjadi bahan penetapan tanggal 1 Dzulhijjah 1445 H melalui sidang isbat. Penetapan 1 Dzulhijjah yang ada hubungannya dengan Hari Raya Idul Adha tetap menunggu pengumuman Menteri Agama,” tegasnya.