23 tim ikuti kompetisi "Fire Fighter League V/2024 di OKI Sumsel

id sumsel,sinar mas grup

23 tim ikuti kompetisi "Fire Fighter League V/2024 di OKI Sumsel

Perusahaan-perusahaan mitra pemasok APP Group di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, kembali menyelenggarakan kompetisi akbar untuk regu penanggulangan kebakaran yang dikenal dengan nama "Fire Fighter League". (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Perusahaan-perusahaan mitra pemasok  APP Group di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, kembali menyelenggarakan kompetisi akbar untuk regu penanggulangan kebakaran yang dikenal dengan nama "Fire Fighter League".

Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan semangat kompetisi yang sehat di antara personil Regu Penanggulangan Kebakaran (RPK) dan karyawan pada umumnya. Tahun ini, Fire Fighter League diselenggarakan untuk kelima kalinya.

Fire Fighter League adalah ajang tahunan yang telah menjadi tradisi di OKI. Tahun ini, Fire Fighter League memasuki edisi kelima, yang diadakan di Firebase Sungai Baung. Kompetisi ini dimulai dengan proses pendaftaran peserta dan kelengkapan peralatan tim satu hari sebelum pelaksanaan.

Fire Fighter League ke-5 tahun 2024 ini menjadi yang paling banyak diikuti oleh peserta. Tidak hanya diikuti oleh RPK OKI, namun juga dimeriahkan dengan hadirnya RPK dari MUBA, Kalbar, dan Kalteng. Total peserta mencapai 23 tim dengan jumlah keseluruhan 115 personil. Seluruh peserta diwajibkan menginap dan membuat tenda-tenda di lapangan, menggambarkan kondisi tim RPK saat operasional pemadaman maupun pos pantau portable di lokasi rawan kebakaran.

Kompetisi ini terdiri dari lima pertandingan utama yakni Team Work Energy (TWE) – Pertandingan halang rintang, Fast Brave Ability (FBA) – Pertandingan cerdas, cepat, tepat.

Kemudian Real Fire Fighting (RFF) – Pertandingan pemadaman kebakaran, Rapid Response Team (RRT) – Pertandingan tracking & mencari titik koordinat dan Fire Fighter Force (FFF) – Pertandingan ketangkasan RPK.

Selain itu, terdapat tiga pertandingan tambahan: yel-yel terbaik, bivak terbaik, dan best inspirator. Selama satu minggu penuh, seluruh peserta akan bertanding dengan semangat dan dedikasi tinggi.

Efendy, External Relations Head PT. SBA Wood Industries, mengatakan, “Kompetisi ini sangat penting dalam rangka melatih kemampuan, keterampilan, dan kecepatan dalam melakukan upaya pemadaman. Melalui Fire Fighter League, kita dapat memastikan bahwa setiap personil siap menghadapi situasi darurat dengan efektif dan efisien.”

Panji Bintoro, Fire Operation Head - Forestry PT. Bumi Andalas Permai, menambahkan, “Fire Fighter League tidak hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga sebagai platform untuk memperkuat kerjasama tim dan solidaritas antar regu. Semangat juang dan kebersamaan yang terbentuk selama kompetisi ini akan sangat bermanfaat dalam operasional sehari-hari.”

Dengan diadakannya kompetisi ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat kompetisi di antara seluruh karyawan, khususnya RPK, serta sebagai ajang silaturahmi dan persaudaraan. Kompetisi ini juga bertujuan untuk menjaga aset dan area kita dari bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Fire Fighter League adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh OKI untuk meningkatkan keterampilan, semangat juang, dan kebersamaan di antara regu penanggulangan kebakaran dan karyawan. Kompetisi ini juga berfungsi sebagai simulasi kondisi operasional di lapangan guna meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat kebakaran.
Perusahaan-perusahaan mitra pemasok APP Group di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, kembali menyelenggarakan kompetisi akbar untuk regu penanggulangan kebakaran yang dikenal dengan nama "Fire Fighter League". (ANTARA/HO/Diskominfo)