Kantor Imigrasi Palembang fokus layani pemberangkatan calhaj gelombang kedua

id Imigrasi Palembang, mulai layani, pemberangkatan calhaj, valhaj, jch, jamaah, kloter, embarkasi haji, embarkasi haji pal

Kantor Imigrasi Palembang fokus layani pemberangkatan calhaj gelombang kedua

Calhaj asal Sumsel saat siap diberangkatkan setelah petugas Kantor Imigrasi Palembang melayani pemeriksaan paspor dengan sistem manajemen pengawasan wilayah perbatasan (Border Control Management/BCM). ANTARA/Yudi Abdullah/24.

Palembang (ANTARA) - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang mulai melayani pemeriksaan paspor untuk pemberangkatan calon haji gelombang kedua asal Sumatera Selatan melalui Embarkasi Haji Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II langsung ke Jeddah.

"Hari ini pelayanan dilanjutkan pemeriksaan paspor 450 calon haji gelombang kedua. Pemberangkatan yang dijadwalkan berlangsung hingga 4 Juni 2024 itu khusus untuk jamaah asal Sumatera Selatan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, pemberangkatan calhaj pada musim haji 1445 Hijriah/2024 melalui Embarkasi Haji Palembang mencapai 8.506 orang, dengan rincian 7.295 orang asal Sumsel dan 1.116 asal Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan 95 petugas haji.

Pemberangkatan calhaj dari provinsi tersebut dibagi 19 kloter dalam dua gelombang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines yang setiap kloternya mengangkut 450 orang.

Pelayanan paspor pemberangkatan calhaj gelombang pertama yakni kloter 1-9 telah dituntaskan pada 12-23 Mei 2024 dari Bandara SMB II Palembang langsung ke Madinah.

Pemberangkatan sekitar 4.000 calhaj gelombang pertama itu, ada tiga kloter jamaah asal Bangka Belitung (Babel) yang diberangkatkan pada 15-18 Mei 2024.

"Sedangkan gelombang kedua kloter 10-19 yang semuanya jamaah asal Sumsel dijadwalkan pemberangkatannya mulai 24 Mei hingga 4 Juni 2024 dari Palembang langsung ke Jeddah," katanya.

Menurut dia, pihaknya menyiapkan 75 petugas untuk melayani pemeriksaan paspor calon haji asal Sumsel-Babel yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang pada musim haji 1445 Hijriah/2024 ini.

Pemeriksaan paspor/entry data perlintasan calhaj menggunakan sistem manajemen pengawasan wilayah perbatasan (Border Control Management/BCM) dan peneraan cap oleh petugas dilakukan di Asrama Haji Kota Palembang beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Selanjutnya jamaah dikawal petugas Imigrasi menuju Bandara SMB II lPalembang langsung masuk pesawat dan diterbangkan ke Jeddah:, kata Ridwan.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengapresiasi Satgas Imigrasi Palembang yang telah sukses menjalankan tugas pelayanan kepada calhaj dengan baik pada gelombang pertama.

"Semoga pelayanan keimigrasian calhaj pada pemberangkatan gelombang kedua ini sekitar 4.500 orang hingga 4 Juni 2024 dapat diselesaikan dengan baik seperti gelombang sebelumnya," kata Ilham Djaya.