Waketum MUI: Rusaknya akhlak sebabkan korupsi ada di Indonesia

id anwar abbas,waketum mui,271 triliun,korupsi timah,korupsi,berita palembang, berita sumsel

Waketum MUI: Rusaknya akhlak sebabkan korupsi ada di Indonesia

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas. (ANTARA/HO-MUI)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyebutkan rusaknya akhlak menyebabkan maraknya tindakan korupsi yang terjadi di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkannya merespons terkait adanya kasus yang menjerat Harvey Moeis, suami Sandra Dewi karena terlibat perkara dugaan tindak pidana korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk yang merugikan negara sebesar Rp271 triliun.

"Mengapa hal ini masih bisa terjadi? Pertama, karena akhlak dan morality dari para pelakunya memang telah sangat-sangat buruk dan jeblok," tegas Anwar dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Penyebab selanjutnya, kata Anwar, adalah karena sistem pengawasan yang lemah dan adanya peluang bagi para pelaku untuk berkolusi dan mengembangkan sikap nepotisme guna meraup keuntungan yang sebesar-besarnya baginya dan kroni-kroninya.

Selain itu, sambungnya, lemahnya penegakan hukum dan rendahnya hukuman yang diberikan kepada para koruptor menjadi alasan lain yang menyebabkan tindakan yang bersifat moral hazard tersebut masih ada hingga kini.