Kearifan lokal ringankan korban bencana kebakaran di Mukomuko

id Masyarakat Mukomuko,Galang dana,Bantu,Bangun ,Rumah terbakar

Kearifan lokal ringankan korban bencana kebakaran di Mukomuko

Kondisi bangunan rumah warga Desa Talang Arah, Kabupaten Mukomuko, yang datar dengan tanah akibat terbakar, Sabtu (24/2/2024). ANTARA/Ferri.

Mukomuko (ANTARA) -
Masyarakat di wilayah Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menggalang dana untuk membantu pembangunan kembali rumah salah seorang warga Desa Talang Arah yang hangus terbakar.
 
"Yang jelas masyarakat menggalang dana, dan rencana ke depan membangun rumah warga yang hangus terbakar, tapi sekarang proses dulu," kata Camat Malin Deman Darmadi di Mukomuko, Sabtu.
 
Dia menjelaskan, kebakaran menghanguskan satu bangunan rumah milik warga di Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman, Senin dini hari, namun tidak ada korban jiwa akibat peristiwa kebakaran tersebut.
 
Ia mengatakan, yang jelas rumah habis semua, dan Pemda Mukomuko melalui Dinas Sosial telah membantu tanggap darurat berupa bantuan seng, kayu, dan makanan.
 
Ikhtiar lain yang dilakukan, katanya, mengumpulkan bantuan melalui jamaah masjid di desa-desa lain yang tersebar di Kecamatan Malin Deman.
 
Kemudian bantuan dari kelompok masyarakat, dan bantuan yang dikumpulkan ini sesuai kemampuan masing-masing.