Menjadi guru itu hebat

id Guru,Kebutuhan guru,Bonus demografi,PPG prajabatan,berita palembang, berita sumsel

Menjadi guru itu hebat

Lulusan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan di Universitas Muhammadiyah Gresik Mustiko Mulyo mendapat kunjungan dari Kemendikbudristek di Gresik, Jawa Timur, Kamis (30/11/2023). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Siswa yang tidur setiap Mustiko masuk kelas menjadi pemandangan yang biasa
Jakarta (ANTARA) - Lantunan ayat suci Al-Quran terdengar samar terbawa angin di tengah siang bolong. Sementara tak jauh dari tempat itu, tampak deretan pepohonan hijau berjajar di salah satu persimpangan jalan "Kota Santri" Gresik, Jawa Timur. 

Tak jauh dari persimpangan jalan itu, terdapat sebuah gedung bertuliskan Universitas Muhammadiyah Gresik. “Saya Mustiko Mulyo, mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan di sini,” seorang laki-laki memperkenalkan diri.

Sembari duduk di bawah rindangnya pepohonan kampus, Mustiko yang merupakan lulusan program studi (prodi) matematika di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya ini mulai bercerita tentang mimpi masa kecilnya yang mulia.

Mustiko yang terlahir dari seorang ibu berprofesi guru ternyata mampu membentuk tekadnya untuk turut menjadi guru. Ia bercerita, sang ibunda merupakan sosok guru yang hangat dan dekat dengan murid-muridnya.

Pribadi ibunda yang hangat juga ia temui saat Mustiko masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). Kala itu, guru favorit tersebut berperan besar dalam membentuk kecintaan Mustiko terhadap dunia matematika.

Melalui cara yang sederhana sang guru favorit itu mengajarkan menulis angka lima dengan huruf s ternyata memberi kesan sepanjang masa bagi Mustiko. Akhirnya ia mengambil jurusan matematika untuk jenjang strata satu.