KPAI sesalkan warga biarkan anak dalam keluarga berkonflik

id KPAI,jasra putra,anak dibunuh ayah,Jagakarsa,perlindungan anak,berita palembang, berita sumsel

KPAI sesalkan warga biarkan anak dalam keluarga berkonflik

Wakil Ketua KPAI Jasra Putra (kedua kanan) saat menyambangi tempat kejadian perkara kasus empat anak diduga dibunuh ayahnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan. (ANTARA/ HO-KPAI)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebut kurangnya pemahaman warga sekitar tentang penanganan anak dalam keluarga yang berkonflik menjadi salah satu faktor tidak langsung yang membuat tewasnya empat anak di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"KPAI melihat ada problem dalam memastikan pengasuhan anak yang layak dalam orang tua berkonflik," kata Wakil Ketua KPAI Jasra Putra saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Jasra Putra mengatakan warga sekitar sudah mengetahui konflik pasangan suami istri P dan D sejak lama.

"Artinya ada situasi keluarga yang harusnya dapat dilaporkan dan mendapat intervensi, terutama dalam hal ini, menjauhkan anak sementara dari keluarga berkonflik sebagaimana mandat Undang-undang Perlindungan Anak, hanya mungkin masyarakat belum terbiasa merujuk anak-anak ke lembaga yang diberi wewenang menerimanya," katanya.

Pihaknya juga menyayangkan warga sekitar tidak menaruh curiga terhadap kondisi anak-anak malang tersebut yang tidak ke luar rumah selama beberapa hari.

KPAI menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas tragedi kelam di dunia perlindungan anak ini.

"Saya kira hari ini akan dikenang terus-menerus di dunia perlindungan anak," kata Jasra Putra.