Kiat melakukan pendakian gunung agar tetap aman

id Mendaki Gunung,Fandi Achmad Agi,berita palembang, berita sumsel

Kiat melakukan pendakian  gunung agar tetap aman

Ilustrasi mendaki gunung. (ANTARA/Pixabay/Hermann)

Jakarta (ANTARA) - Untuk merayakan Hari Gunung Internasional yang jatuh pada 11 Desember, pendaki, pemandu gunung, pemanjat tebing, dan pelari gunung asal Indonesia Fandi Achmad Agi membagikan sejumlah kiat untuk melakukan aktivitas pendakian gunung dengan tepat agar tetap aman dilakukan oleh para pendaki.

“Tantangan setiap mendaki gunung pasti akan berbeda-beda. Walaupun gunungnya sama, tetapi kita melakukan pendakian di waktu berbeda itu pasti rintangannya beda, misalkan naik gunung di musim panas dan musim hujan itu berbeda,” kata Agi saat dihubungi ANTARA, Kamis.

Menurutnya, pemilihan waktu dalam mendaki gunung sangat penting untuk diperhatikan agar persiapan yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. Ia juga menyarankan untuk mempelajari tipikal dan kondisi gunung yang akan didaki, misalnya struktur tanah, cuaca, ketinggian, dan hal-hal penting lainnya.

“Tantangan yang menurut saya challenging itu pas naik gunung ke Carstensz Pyramid (Puncak Jaya Wijaya) di Papua. Yang membedakan mendaki Carstenz dengan gunung-gunung lainnya adalah pertama mendaki gunung itu technical, jadi kita harus mempelajari basic rock climbing, kedua cuaca hujan di ketinggian gunung,” jelas dia.

Kebanyakan, gunung-gunung di Indonesia tidak ditutupi oleh salju, melainkan hujan, sehingga kondisi hujan lebat dapat membuat pakaian dan perlengkapan menjadi basah. Oleh karena itu, penting untuk memilih waktu yang tepat saat mendaki gunung serta mempersiapkan kebutuhan saat melakukan pendakian.

Ia pun mengimbau agar para pendaki siap menghadapi kondisi dan perubahan cuaca yang sangat mungkin terjadi saat berada di ketinggian, serta berhati-hati dengan kondisi jalan yang licin.

“Persiapkan fisik, kadang-kadang banyak orang naik gunung tanpa ada persiapan fisik yang baik. Gimana pun, mendaki gunung atau berkegiatan di alam bebas itu kegiatan fisik yang berat,” kata peraih peringkat 1 di Asia dalam kompetisi Ultra-Trail du Mont-Blanc itu.