Analis: Cadangan devisa diperkirakan naik, rupiah bisa menguat

id cadangan devisa,penguatan rupiah

Analis: Cadangan devisa diperkirakan naik, rupiah bisa menguat

Petugas mengecek uang tunai sebelum didistribusikan melalui kantor cabang dan mesin ATM di Pooling Cash Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (8/9/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Jakarta (ANTARA) - Analis DCFX Futures Lukman Leong mengatakan cadangan devisa Indonesia pada November 2023 diperkirakan lebih baik sehingga dapat mendukung penguatan rupiah.

"Pelemahan rupiah akan terbatas dan berpotensi berbalik menguat apabila data cadangan devisa Indonesia yang akan dirilis siang ini lebih baik dari perkiraan," kata Lukman kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan cadangan devisa Indonesia diperkirakan akan naik ke 135 miliar dolar AS di November 2023, salah satunya didukung oleh kenaikan harga batu bara. Sementara posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Oktober 2023 tercatat sebesar 133,1 miliar dolar AS.

Posisi cadangan devisa Oktober 2023 tersebut setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 5,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.