Cara bikin nasi dari beras merah tetap pulen

id Beras merah, nasi merah

Cara bikin nasi dari beras merah tetap pulen

Ilustrasi beras merah (ANTARA/Pexels/Polina Tankilevitch)

Jakarta (ANTARA) - Mengonsumsi beras merah kerap menjadi pilihan masyarakat untuk menghindari diabetes dalam menjalani hidup sehat, namun seringkali nasi dari beras merah terasa kering dan tidak sepulen nasi putih.
 
Mengingat kandungan gizi yang baik pada beras merah, kita juga perlu memahami cara memasak nasi agar tetap pulen, nikmat dan nutrisinya tidak hilang akibat proses pemasakan.
 
Seorang petani wirausaha dan peneliti lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Ali Zum Mashar, membagikan beberapa tips berikut saat memasak beras merah, berdasarkan keterangan Dailymeal Rice yang diterima Senin (20/11).
 
1. Mencuci beras
 
Beras merah dapat dicuci terlebih dahulu atau tidak. Tetapi jika khawatir berasnya kotor, maka proses pencucian bisa dilakukan.
 
Secara umum beras merah memerlukan proses perendaman sekitar 2-4 jam sebelum dimasak agar lebih mudah mekar dan tidak bertekstur keras atau kering.
 
Tapi kata Prof Ali, jika memakai beras berkualitas, beberapa varietas beras merah ada yang tidak perlu menggunakan proses perendaman.
 
"Satu kali pencucian juga sudah cukup," ungkap Prof Ali.