Bawaslu Sumsel perketat pengawasan pascapenetapan DCT

id Sumsel,pengawasan kampanye,pemilu 2024,bawaslu sumsel,berita sumsel, berita palembang

Bawaslu Sumsel perketat pengawasan pascapenetapan DCT

Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan saat diwawancarai di Palembang, Kamis (9/11/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan memperketat pengawasan pasca penetapan daftar calon tetap (DCT) caleg di wilayah itu.

Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan di Palembang, Rabu, mengatakan untuk saat ini setiap partai politik (parpol) hanya boleh melakukan sosialisasi di internal partai saja dan tetap dalam pengawasan.

"Kendalanya untuk saat ini partai politik, ada yang tidak memberitahukan kepada kami jika ada kegiatan, sebenarnya kalau hanya sebatas sosialisasi saja di internal partai boleh tetapi tetap dalam pengawasan," katanya.

Ia mengatakan akan ada sanksi pidana bagi parpol yang mencuri start melakukan kampanye tidak sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Untuk kampanye belum boleh karena memang belum waktunya, mulai kampanye pada tanggal 28 November 2023. Jika sudah ada yang melakukan kampanye tidak sesuai jadwal maka artinya mencuri start dan tentu akan dikenakan sanksi pidana," katanya.

Ia mengungkapkan pihaknya telah memberikan imbauan kepada setiap parpol agar memberitahukan semua kegiatan kepada Bawaslu agar nantinya tetap bisa dilakukan pengawasan.