Pemeriksaan mammografi, untuk siapa saja

id Mammografi kanker payudara, skrining kanker,mammografi,kanker payudara

Pemeriksaan mammografi, untuk siapa saja

Pakar onkologi dari Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia Dr dr Samuel Haryono, SpB (K) Onk dalam peluncuran MammoReady oleh NalaGenetics di Jakarta, Sabtu (21/10/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA) - Pakar onkologi dari Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia Dr. dr. Samuel Haryono, SpB (K) Onk, mengatakan wanita di bawah usia 40 tahun boleh menjalani pemeriksaan mammografi apabila memiliki riwayat keluarga terkena kanker.

"Banyak yang takut. Kita sepakati 40 tahun, lebih muda dari Eropa. Bisa lebih muda, 26 tahun, bisa dilihat faktor risiko. Mammografi dalam arti skrining," kata Samuel di Jakarta, Sabtu.
 
Mammografi merupakan pemeriksaan radiologi yang ditujukan untuk melihat ada atau tidaknya kelainan yang mengarah pada kanker di area payudara, prosedur itu menggunakan foto X-Ray atau sinar X.
 
Samuel berpendapat wanita mulai usia 25 tahun bahkan boleh menjalani pemeriksaan ini apabila memiliki faktor risiko kanker termasuk riwayat keluarga dengan kanker.
 
Selain riwayat keluarga, faktor risiko kanker payudara lainnya antara lain ialah kebiasaan merokok dan terpapar asap rokok atau perokok pasif, menerapkan pola makan yang buruk yakni tinggi lemak dan rendah serat, serta mengonsumsi makanan mengandung zat pengawet atau pewarna.