BPBD Sumsel: Oktober akan lakukan operasi TMC untuk semai hujan

id BPBD,TMC,Karhutla ,Kabut asap,berita sumsel, berita palembang

BPBD Sumsel: Oktober akan lakukan operasi TMC untuk semai hujan

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Sudirman di Palembang, Senin. (Antara/M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan akan melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di bulan Oktober 2023 menyemai hujan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah itu.
 
"Berdasarkan hasil rapat BPBD pusat dengan BMKG, ditemukan beberapa titik awan di Sumsel yang bisa disemai. Hal itu memungkinkan kami untuk melakukan TMC," kata Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Sudirman di Palembang, Senin.
 
Ia menambahkan TMC difokuskan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir (OI) karena wilayah tersebut kabut asapnya paling banyak mengirim ke Kota Palembang.
 
TMC yang dilakukan menggunakan helikopter dari BRIN dan pengoperasiannya masih sama dengan sebelumnya, hanya saja TMC kali ini potensi awan bisa disemai dan hujan lebih mungkin terjadi melalui upaya tersebut
 
Sebelumnya pada hari Minggu (1/10) telah dilakukan TMC oleh BPBD dan hasilnya beberapa titik di Sumsel seperti wilayah Tanjung Enim, Pagar alam, Lubuk Linggau, dan Ogan Komering Ulu (OKI) kemudian hujan turun di wilayah tersebut.