Kilang Pertamina Plaju meraih penghargaan platinum dan terbaik Bisra

id Kilang Pertamina Plaju, kli, kilang, raih penghargaan, penghargaan platinum, BISRA,The Best Award, CSR Awards,Bisra

Kilang Pertamina Plaju meraih penghargaan platinum dan terbaik Bisra

Rasa kerelawanan yang tinggi mengantarkan Kilang Pertamina Plaju memperoleh penghargaan Platinum Champion Bisra 2023. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju Palembang, Sumatera Selatan meraih penghargaan platinum dan terbaik (The Best Award) di ajang Bisnis Indonesia CSR Awards (Bisra) pada Agustus 2023 ini.

"Rasa kerelawanan yang tinggi mengantarkan Kilang Pertamina Plaju memperoleh penghargaan Platinum Champion pada kategori kerelawanan/volunteer element dan
The Best Award for Volunteer Element dalam penghargaan yang dihelat Media Bisnis Indonesia itu," kata Area Manager Communication, Relations and CSR RU III Plaju - PT Kilang Pertamina Internasional Sub Holding Refining and Petrochemical Pertamina Siti Rachmi Indahsari di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, pihaknya terus mengukuhkan posisi sebagai perusahaan dengan kepedulian sosial yang tinggi.

Kepedulian yang diawali dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di Kilang Pertamina Plaju Palembang, salah satunya diwujudkan dalam format kerelawanan sehat, peduli lingkungan, dan kerelawanan sosial.

Ketiga aspek tersebut secara terus menerus diimplementasikan dalam berbagai program yang digerakkan secara sukarela oleh segenap pekerja, dan didukung penuh oleh iklim kebijakan perusahaan, serta sumber daya yang kuat.

Kerelawanan sosial di Kilang Pertamina Plaju terwadahi lewat platform SENYUM (sedekahnya untuk masyarakat) dan program SEBARAN (semangat berbagi baju lebaran).

Kemudian kerelawanan peduli lingkungan diimplementasikan lewat instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di kampung industri tempe sebagai bentuk 'sharing core competency'.

Relawan sehat terprogram melalui donor darah dan vaksinasi masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, katanya.

Menurut dia, penghargaan tersebut adalah wujud keseriusan perseroan dalam bertanggung jawab terhadap aspek sosial dan lingkungan, termasuk dalam format 'charity' dan kerelawanan.

Dukung capaian SDGs melalui berbagai program kerelawanan itu, Kilang Pertamina Plaju turut berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs ) ketiga, menjamin kehidupan yang sehat dan tujuan keenam yakni menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan.

“Kilang Pertamina Plaju tidak hanya fokus pada pencapaian keuntungan atau profit semata, tapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Penghargaan itu menjadi semangat bagi para pekerja untuk terus menumbuhkan jiwa kerelawanan sosial dan lingkungan yang tinggi, semata-mata untuk berbuat baik kepada masyarakat.

“Kami percaya, niat dan perbuatan baik, tentu akan mengundang balasan yang juga baik, sehingga dengan jiwa kerelawanan yang tinggi, kami berharap dapat menumbuhkan ikatan sosial yang erat dengan setiap elemen masyarakat di sekitar daerah operasional kilang,” kata Rachmi.