Pemkab OKU Timur benahi TPS

id Piala Adipura, lingkungan hidup, kebersihan kota, TPA Sampah, Pemkab OKU Timur

Pemkab OKU Timur benahi TPS

Bupati OKU Timur, Sumsel. Lanosin Hamzah menerima penghargaan Adipura tahun 2022. (FOTO ANTARA/Edo Purmana/2023)

Martapura, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Povinsi Sumatera Selatan berkomitmen melakukan pembenahan tempat pengelolaan sampah guna mengejar predikat Adipura tahun ini.

"Untuk meraih predikat Adipura tahun ini, berbagai sektor terus kami benahi, terutama masalah sampah," kata Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Senin.

Dia mengatakan, perbaikan sistem pengelolaan sampah di Kabupaten OKU Timur menjadi skala prioritas agar predikat di bidang lingkungan tersebut dapat dicapai.

Pihaknya telah bergerak cepat meninjau lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Martapura, Kabupaten OKU Timur.

Menurut dia, masih banyak yang harus dibenahi di tempat pengelolaan sampah guna mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh dan berkelanjutan.

Selain itu, Ruang Terbuka Hijau (RTH), pengelolaan sampah lewat pemilahan dan pengomposan juga menjadi perhatian yang harus dibenahi.

Peran serta masyarakat pun sangat diharapkan dengan memilah sampah rumah tangga yang dibuang di TPA atau kotak sampah sehingga memudahkan petugas kebersihan dalam mengelola sampah tersebut.

Bupati menjelaskan Adipura merupakan bentuk spirit pemerintah daerah bersama masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Piala ini bukan hanya sekedar penghargaan saja, tapi bagaimana dapat membentuk kepribadian masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat.

"Alhamdulillah predikat Adipura sudah diraih OKU Timur sejak beberapa tahun terakhir. Oleh sebab itu kami optimistis tahun ini mendapatkan kembali," demikian Lanosin Hamzah.