OKU Timur kejar Adipura

id Piala Adipura, bidang lingkungan, perilaku hidup bersih, Dinas Lingkungan Hidup, Bupati OKU Timur

OKU Timur kejar  Adipura

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah dalam rapat Ekspose dan Evaluasi Titik Pantau Adipura secara virtual bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Martapura, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan berupaya mengejar predikat Adipura dengan melakukan pembenahan di berbagai sektor, terutama sektor lingkungan.

"Implementasi Adipura ini tertuang dalam UU Nomor 18 Tahun 2008, Perpres No 97 Tahun 2017 dan Pengelolaan Sampah Terpadu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU Timur Feri Hardiansyah dalam rapat Ekspose dan Evaluasi Titik Pantau Adipura secara virtual bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Martapura, Kamis.

Menurut dia, penghargaan Adipura merupakan instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah, khususnya dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau guna mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh dan berkelanjutan.

Untuk meraih penghargaan tersebut masih perlu adanya pembenahan di berbagai sektor, salah satunya tiga tempat titik pantau penilaian yang harus segera dibenahi.

Tiga titik pantau penilaian tersebut meliputi kawasan Pasar Martapura, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) serta Puskemas Martapura dan Kota Baru.

Selain itu, Ruang Terbuka Hijau (RTH), pengelolaan sampah lewat pemilahan dan pengomposan juga menjadi perhatian yang harus dibenahi.

Untuk itu, sebagai leading sektor program Adipura, ia mengajak para penanggung jawab titik pantau agar segera melakukan langkah-langkah konkrit terutama beberapa poin yang perlu dilakukan pembenahan dan masih terdapat kekurangan.

"Masyarakat juga diharapkan dapat memilah sampah rumah tangga yang dibuang di TPA atau kotak sampah sehingga memudahkan petugas kebersihan dalam mengelola sampah tersebut," ujar dia.

Sementara, Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah mengatakan, Adipura merupakan bentuk spirit pemerintah daerah bersama masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Piala ini bukan sebagai ending, tetapi bagaimana kita dapat membentuk kepribadian masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat,” tegasnya.