Gubernur Sumsel dorong berkuda jadi olahraga utama

id kejuaraan berkuda, gubernur cup,palembang sumsel,pordasi

Gubernur Sumsel dorong berkuda jadi olahraga utama

Gubernur Sumsel H Herman Deru berfoto bersama pada pembukaan Kejuaraan Berkuda Piala Gubernur 2023 di 3D Stabel Gandus Kota Palembang, Sumsel. Minggu. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Sejumlah atlet dari lima provinsi di Indonesia ambil bagian pada Kejuaraan Berkuda Piala Gubernur Sumsel 2023 yang digelar di 3D Stable Gandus Kota Palembang, Sumatera Selatan, 5-6 Agustus 2023.

Kejuaraan yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Minggu, itu diikuti sebanyak 89 peserta dari lima provinsi yaitu Lampung, DKI Jakarta, Riau, Yogyakarta, dan Sumsel sebagai tuan rumah.

"Telah berkali-kali diselenggarakan kejuaraan berkuda yang bersifat penilaian pada keindahan maupun pacu rintangan. Pemprov Sumsel melihat para peserta sangat antusias terus membangkitkan semangat berkuda di Sumsel," kata gubernur.

Gubernur Deru menyebutkan proses sosialisasi olahraga berkuda tidaklah mudah untuk dilakukan di Sumsel karena berkuda bukan kebiasaan dari masyarakat lokal. Oleh karena itu, tahapan awalnya perlu dimulai dengan perkenalan dahulu.

"Saya juga berterima kasih kepada para rider yang hadir secara mandiri. Khususnya kepada pengurus Pordasi Sumsel yang selalu memberikan semangatnya," katanya.

Gubernur berharap olahraga berkuda bukan hanya menjadi olahraga alternatif tetapi juga menjadi olahraga utama.

Sementara itu, Ketua Harian Pengprov Pordasi Sumsel Hj Ratu Tenny Leriva HD menyebutkan kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan olahraga berkuda di Sumsel.

Selain itu, juga memberikan peluang bagi para atlet untuk menunjukkan kemampuannya serta mencari atlet berbakat dan berkualitas.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 5-6 Agustus dengan kategori lomba tunggang serasi dan show jumping.