Kaspersky gagalkan 7 juta ancaman daring targetkan pengguna Indonesia

id Kaspersky ,Ancaman serangan siber ,Keamanan siber,berita sumsel, berita palembang

Kaspersky gagalkan 7 juta ancaman daring targetkan pengguna Indonesia

Ilustrasi - Serangan di dunia siber. (cyber attack/msn.com)

Jakarta (ANTARA) - Data terkini dari perusahaan keamanan dunia maya global, Kaspersky, mencatat bahwa mereka telah menggagalkan lebih dari 7 juta ancaman daring yang menargetkan pengguna di Indonesia selama kuartal kedua tahun 2023.

Angka ini menunjukkan penurunan sebesar 30 persen dari jumlah upaya serangan siber pada pengguna internet Indonesia dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut laporan Kaspersky, Selasa (1/8) sebanyak 7.729.320 deteksi ancaman online berhasil diblokir selama periode April hingga Juni 2023. Namun, angka ini sedikit meningkat (1 persen) dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (Januari hingga Maret 2023) dengan 7.651.841 deteksi. 

Selama kuartal kedua 2023, 21,7 persen pengguna internet di Indonesia menjadi sasaran ancaman daring. Angka ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-96 dunia dalam hal bahaya yang terkait dengan penjelajahan web.

Data statistik Kaspersky juga mengungkapkan bahwa penggunaan statistik infeksi lokal untuk komputer pengguna menjadi indikator penting dalam mengukur serangan siber.