Wow hati-hati, skema penipuan daring bisa lintas platform

id penipuan daring,serangan siber,Kaspersky

Wow hati-hati,  skema penipuan daring bisa lintas platform

Ilustrasi phising. (ANTARA/HO-Siberkreasi)

Jakarta (ANTARA) - Pakar Kaspersky menemukan bahwa penipu daring terus mencari cara untuk mengeksekusi serangan mereka. Mereka dengan cepat beradaptasi dengan tren sosial dan memikat pengguna dengan dengan penawaran menarik.

Baru-baru ini, bahkan ditemukan serangkaian aplikasi palsu di Google Play yang mengeksploitasi topik hangat saat ini seperti artificial intelligence (AI), aset, kripto, dan tautan-tautan terkait Elon Musk, guna menarik minat pengguna demi menghasilkan uang dengan mudah.

"Para penipu online terus mengembangkan taktik mereka untuk mengeksploitasi tren dan teknologi terbaru. Dari aplikasi palsu hingga halaman phishing, mereka memanfaatkan umpan dan desain menarik untuk menargetkan pengguna yang tidak menaruh curiga," kata pakar keamanan Kaspersky Igor Golovin melalui siaran pers, Jumat.

Aplikasi yang dianalisis Kaspersky membuat klaim yang menjanjikan melalui iming-iming keuntungan harian hingga 9 ribu dolar AS (sekitar Rp133,7 juta) dengan investasi awal hanya 250 dolar AS (sekitar Rp3,7 juta)