Panglima TNI mutasi 96 perwira tinggi, Mayjen TNI Yanuar Adil jabat Pangdam II Sriwijaya

id mutasi perwira TNI,Panglima TNI,Laksamana Yudo Margono,Kepala Bakamla,mutasi Pangdam,mutasi Pangkogabwilhan,mutasi Pangk

Panglima TNI mutasi 96 perwira tinggi, Mayjen TNI Yanuar Adil jabat Pangdam II Sriwijaya

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Denpasar (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memutasi 96 perwira tinggi yang sebagian besar dari mereka mengisi pos jabatan strategis, di antaranya Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, pangkogabwilhan, pangkoarmada, dan pangdam.

Rotasi juga untuk jabatan Pangdam II Sriwijaya yang akan diserah terimakan dari Mayjen TNI Hilman Hadi kepada Mayjen TNI Yanuar Adil.

Laksamana Yudo, dalam siaran tertulisnya yang dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono di Jakarta, Rabu, menjelaskan mutasi, rotasi, dan promosi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, membina karier para perwira, dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI.

Dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 yang diteken oleh Panglima TNI pada hari Senin (17/7), sebanyak 96 perwira tinggi yang kena mutasi terdiri atas 53 perwira tinggi TNI Angkatan Darat, 26 perwira tinggi TNI Angkatan Laut, dan 17 perwira tinggi TNI Angkatan Udara.

Dari jajaran TNI Angkatan Darat, tujuh panglima daerah militer (pangdam) kena mutasi, di antaranya Mayjen TNI Sonny Aprianto dari jabatannya sebagai Pangdam IX/Udayana saat ini menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI. Penggantinya adalah Mayjen TNI Harfendi yang sebelumnya menjabat Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Panglima TNI.

Mayjen TNI Alfred Denny D. Tuejeh mendapatkan promosi sebagai Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad). Dia sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka. Posisi Pangdam XIII/Merdeka pun saat ini diisi oleh Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko.