Pengelola tambah alat top up GT Kramasan JTTS pada arus balik liburan

id JTSS Kayuagung-Palembang, GT Kramasan, libur lebaran Idul Adha 2023

Pengelola tambah alat top up GT Kramasan JTTS pada arus balik liburan

Antrean kendaraan di Gerbang Tol (GT) Kramasan, JTSS ruas Kayuagung-Palembang (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS) ruas Kayuagung-Palembang, Sumatera Selatan menambah jumlah alat pengisian ulang (top up) saldo kartu tol di Gerbang Tol (GT) Kramasan, Ogan Ilir.

Manager Operasional JTSS ruas Kayuagung - Palembang PT Waskita Sriwijaya Tol Sabto Harimurti, di Palembang, Jumat, mengatakan penambahan alat top up tersebut dilakukan untuk mengurangi potensi antrean kendaraan pada puncak arus balik libur Lebaran Idul Adha 1444 Hijriyah yang berlangsung pada tanggal 1 - 2 Juli 2023.

“Jadi dari sebelumnya hanya lima unit alat top up untuk arus balik ini disediakan sebanyak delapan unit bekerjasama dengan pihak perbankan,” kata dia.

Sebelumnya, perusahaan juga telah menambah jumlah gardu portable masuk dan dua gardu keluar GT Kramasan dari dua unit menjadi sebanyak tiga gardu masuk dan empat gardu keluar.

Waskita Sriwijaya Tol memprediksi pada puncak arus balik tersebut jumlah kendaraan yang melintasi GT Kramasan mencapai 21 ribu unit atau meningkat 15 persen dibandingkan hari biasa.

Peningkatan volume ini terjadi baik kendaraan yang melintas masuk dari arah Kota Palembang (Sumatera Selatan) dan sekitarnya ataupun yang keluar dari arah Provinsi Lampung. 

"Peningkatan ini juga dipengaruhi momentum berakhirnya masa libur anak sekolah dan libur mahasiswa,” ujarnya.

Selain itu, selama libur lebaran di buka tempat peristirahatan (rest area) fungsional di KM 360 Jalur B dengan fasilitas minimal masing-masing terdapat toilet, parkir, mushala dan gerai UMKM.

Kelayakan kualitas jalan juga menjadi prioritas sehingga para pelaku perjalanan semakin aman dan nyaman selamat sampai tujuan melintasi tol Kayuagung-Palembang, kata Sabdo.