17 perempuan inspiratif Sumsel terima penghargaan

id perempuan, hari kartini,sumsel,penghargaan

17 perempuan inspiratif Sumsel terima penghargaan

Sebanyak 17 orang perempuan inspiratif dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan mendapat penghargaan dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-145 tahun 2023, Rabu. (ANTARA/Reza Ulda Nadila)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 17 orang perempuan inspiratif dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan mendapat penghargaan dalam rangka peringatan Hari Kartini ke-145 tahun 2023, Rabu.

Penghargaan dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo diberikan kepada perempuan penggerak dan inspiratif di bidang kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan dan sosial budaya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumsel Henny Yulianti, menyebutkan 17 penerima penghargaan diundang langsung pada peringatan Hari Kartini tingkat Provinsi Sumsel yang mengusung tema "Dengan Semangat Kartini, Kita Wujudkan Keluarga Berkualitas demi Sumsel Maju untuk Semua".

Kegiatan dirangkai dengan seminar yang digelar untuk memberikan informasi kepada kaum wanita bagaimana peran ibu di keluarga dalam memberikan pola asuh terhadap anak, sehingga anak terhindar dari perbuatan perbuatan yang tidak diinginkan karena perempuan yang cerdas tentu saja akan mendidik generasi muda menjadi generasi yang hebat dan bermartabat.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru yang hadir pada kesempatan itu menyebutkan  hak berpolitik perempuan di Indonesia yakni di badan legislatif saat ini sudah mencapai  30 persen . Selain itu juga perempuan banyak menjadi pimpinan departemen, badan, institusi, BUMN, BUMD dan lainnya. Hal itu membuktikan bahwa peran perempuan penting dan tak diragukan lagi.

“Apa yang saya maksud di sini, kita sudah tidak bicara tentang belenggu emansipasi. Yang kita bahas ini adalah kompetisi,” tambah Herman Deru