Bupati OKU Timur serahkan bantuan usaha ekonomi produktif

id Bantuan usaha, pemerintah pusat, ekonomi produktif, Bupati OKU Timur, Dinas Sosial

Bupati OKU Timur serahkan bantuan usaha ekonomi produktif

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah menyalurkan bantuan UEP, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan Lanosin Hamzah menyerahkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk masyarakat miskin dan pra sejahtera di daerah itu guna meningkatkan kemampuan mengakses sumber daya ekonomi.

"Bantuan sosial dari pemerintah pusat yang diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di OKU Timur ini diberikan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga," kata Bupati Lanosin di Martapura, ibu Kota Kabupaten OKU Timur, Minggu.

Dia menjelaskan, pemberian bantuan UEP kepada KUBE bertujuan untuk penguatan kapasitas fakir miskin dalam meningkatkan pendapatan dan kemampuan berusaha sehingga mampu memenuhi kebutuhan secara mandiri.

Di OKU Timur sendiri, kata dia, bantuan tersebut disalurkan kepada lima KUBE dari masyarakat miskin yang masuk dalam data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu.

Dengan adanya UEP ini sangat membantu masyarakat dalam perkembangan ekonomi di OKU Timur sehingga perekonomian masyarakat dapat bangkit dan berkembang yang diharapkan membawa keluarga sejahtera.

Bupati juga berharap agar bantuan ini dapat berkelanjutan serta dimanfaatkan dengan sebaik-baik mungkin oleh pelaku usaha ekonomi di wilayah itu.

"Usaha menengah mikro sangat penting sekali bagi kesejahteraan masyarakat sehingga bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat," harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU Timur Hanafi menyampaikan bahwa penerima UEP di kabupaten setempat tahun ini terbagi menjadi tiga zona.

"Hari ini zona dua ada 10 kecamatan dengan penerima UEP sebanyak 250 orang," ujarnya.

Adapun barang bantuan yang disalurkan mulai dari gerobak sayur, etalase jualan sembako, bahan pembuat kue, peralatan dapur, perlengkapan cukur rambut hingga mesin jahit dan lainnya.