Keguguran berulang ditatalaksana dengan cara meningkatkan kualitas embrio

id keguguran berulang,tatalaksana keguguran berulang,hamil

Keguguran berulang ditatalaksana dengan cara meningkatkan kualitas embrio

Ilustrasi - USG ibu hamil. (ANTARA/Nova Wahyudi/dok)

Jakarta (ANTARA) - Pakar kebidanan dan kandungan Dr dr Kanadi Sumapraja, Sp.O.G, Subsp. F. E. R, MSc mengatakan keguguran berulang pada kehamilan dini dapat diatasi dengan meningkatkan kualitas embrio serta memperbaiki kemampuan dinding rahim dalam menyeleksi embrio.

Dia yang tergabung dalam Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) itu melalui keterangan tertulisnya, Jumat mengatakan, strategi untuk meningkatkan kualitas embrio diawali dengan meningkatkan kualitas sperma dengan cara melakukan seleksi sperma melalui metode swim up.

Metode ini dilakukan sebagai bagian dari prosedur inseminasi yakni memilih sperma yang dapat berenang menembus larutan dengan berat jenis yang berbeda.

"Jika masih belum berhasil, maka prosedur bayi tabung dapat dilakukan bukan hanya untuk memilih sperma, tetapi juga sel telur dan embrio," kata Kanadi.

Pemilihan sperma pada prosedur bayi tabung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik intracytoplasmic morphologically selected sperm injection (IMSI). Teknologi medis ini mampu memilih kualitas sperma terbaik menggunakan mikroskop khusus yang dapat memperbesar penampakan sperma hingga 6.000 kali.

"Dengan hadirnya IMSI, kecacatan bentuk pada sperma bisa terdeteksi sebelum fertilisasi," tutur Kanadi.