Istirahat ketika mudik perlu, ini kata dr Reisa Broto Asmoro

id reisa broto asmoro,mudik 2023,lebaran 1444h,persiapan mudik,arus mudik

Istirahat ketika mudik perlu, ini kata dr Reisa Broto Asmoro

Tangkapan layar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro dalam Siaran Sehat yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (10/4/2023). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak menyepelekan waktu istirahat ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023.

“Cari tahu tempat kita, apa yang nanti akan dilewati, lalu di mana saja kita bisa beristirahat karena kita harus memastikan diri (tetap dalam kondisi yang sehat sampai tempat tujuan),” kata Reisa dalam Siaran Sehat yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Reisa menuturkan bahwa memastikan keamanan dan kesehatan selama berkendara menjadi hal yang sangat penting, dibandingkan tergesa-gesa untuk cepat sampai ke tempat tujuan mudik. Dengan menjaga stamina dan perjalanan yang aman, pemudik bisa menghabiskan waktu Lebaran dengan lebih nyaman.

Dalam hal ini, kata dia, selama di perjalanan para pemudik yang menggunakan mobil disarankan untuk beristirahat sekurang-kurangnya 15 menit setiap maksimal empat jam sekali. Waktu istirahat tidak hanya diperuntukkan bagi pengemudi, tetapi juga seluruh anggota keluarga yang berada di dalamnya.
 

Selama beristirahat di rest area atau titik tertentu, pemudik bisa memanfaatkan jeda istirahat untuk makan atau minum guna mencegah dehidrasi, membersihkan diri di toilet, merenggangkan tubuh ataupun tidur selama beberapa waktu sembari mendinginkan mesin mobil agar tidak memicu dampak buruk pada kendaraan seperti terbakar atau mesin rusak.