Ratusan anak di OKU Timur disunat massal

id Sunatan massal, HUT OKU Timur, kegiatan sosial, anak dikhitan, RSUD OKU Timur

Ratusan anak di OKU Timur disunat massal

Pemkab OKU Timur menggelar sunatan massal di zona 6 di Desa Darma Buana, Kecamatan Belitang ll dalam semarak HUT kabupaten setempat ke 19 tahun 2023, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Ratusan anak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan dikhitan atau disunat massal dalam semarak HUT kabupaten itu yang ke-19 tahun di zona 6 di Desa Darma Buana, Kecamatan Belitang ll.

Direktur RSUD OKU Timur, Sugi Hartono di Martapura, Minggu menerangkan bahwa serangkaian kegiatan sosial dilakukan untuk mengisi hari jadi Kabupaten OKU Timur yang ke-19 tahun 2023.

Salah satunya kegiatan bakti sosial sunatan massal yang menyasar pada ratusan anak-anak kurang mampu khususnya yang berada di empat kecamatan yang tergabung di zona 6, salah satunya Kecamatan Belitang II.

Dalam kegiatan bakti sosial ini pihaknya mengerahkan sebanyak 95 tenaga kesehatan terlatih untuk memberikan pelayanan khitanan secara gratis.

Ratusan peserta yang mengikuti sunatan massal tersebut ditangani oleh dokter spesialis, dokter umum, perawat dan tenaga medis dari empat UPTD yang tersebar di wilayah itu.

"Alhamdulillah antusias masyarakat cukup tinggi terlihat lebih dari 100 orang anak yang mengikuti kegiatan ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Purwodadi sekaligus Ketua Panitia Sunatan Massal, Priyadi Yusrawijaya menambahkan, selain khitan kegiatan dalam rangkaian HUT OKU Timur ini pun diisi dengan donor darah massal.

"Banyak sekali kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat yang dilaksanakan dalam rangka HUT OKU Timur tahun ini," ujarnya.

Untuk sunatan massal itu sendiri, kata dia, pihaknya memberikan bingkisan berupa tas sekolah cantik dan makanan bagi anak yang selesai dikhitan.

Hal itu dilakukan agar anak-anak mau dikhitan sebagai sunah bagi umat Muslim dalam agama Islam yang ditujukan kepada anak laki-laki.

"Dari sisi medis, ada banyak manfaat berkhitan antara lain mencegah terjadinya penyakit seksual menular, infeksi saluran kemih, dan pencegahan penyakit pada penis," ujarnya.