PDAM Tirta Raja OKU Sumsel tingkatkan pelayanan pelanggan

id Pelayanan pelayanan, PDAM Tirta Raja, iuran PDAM, penggunaan aplikasi, pengurasan bak

PDAM Tirta Raja OKU Sumsel tingkatkan pelayanan pelanggan

Petugas PDAM Tirta Raja berjibaku membersihkan bak penampungan air dari endapan lumpur. (ANTARA/Edo Purmana/Arsip)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terus meningkatkan pelayanan konsumen dengan mempermudah sistem pembayaran tagihan iuran secara daring melalui aplikasi.

Direktur PDAM Tirta Raja Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno di Baturaja, Kamis mengatakan, sistem pembayaran iuran air bersih sejak beberapa tahun terakhir tidak lagi hanya bisa dilakukan di loket PDAM setempat saja.

Sistem pembayaran sudah bisa dilakukan oleh pelanggan melalui aplikasi PosPay, Tokopedia dan di ATM ataupun internet mobile banking Bank Mandiri.

Perusahaan milik daerah Kabupaten OKU tersebut juga menggandeng sejumlah perusahaan swasta seperti Alfamart dan Indomaret untuk melayani pembayaran tagihan air bersih pelanggan.

Hanya saja, kata dia, pembayaran secara online ini hanya dapat dilakukan untuk tagihan yang tidak ada tunggakan lebih dari satu bulan.

"Sementara untuk pelanggan yang ada tunggakan proses pembayaran tagihan  masih diproses di loket Kantor PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU," ujarnya.

Menurut dia, upaya yang dilakukan ini untuk meningkatkan pelayanan agar pelanggan dapat melakukan pembayaran iuran dengan cepat dan mudah.

Menanggapi keluhan warga di sejumlah daerah di Kabupaten OKU yang mengeluhkan kualitas air bersih yang diterima pelanggan sering kali keruh, Abi menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan karena debit Sungai Ogan sedang naik.

"Debit sungai yang tinggi menyebabkan adanya lumpur masuk ke pipa penampungan air bersih," katanya.

Namun, Abi mengaku pihaknya telah bekerja maksimal dengan melakukan pengurasan bak penampungan air secara bertahap di seluruh Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik PDAM Tirta Raja agar air yang mengalir ke pipa pelanggan tetap jernih.

"Kami terus berupaya memaksimalkan pelayanan yang terus ditingkatkan agar pelanggan kami puas," ujarnya.