Dinas PU Perkim Sumsel bedah rumah warga Palembang

id Dinas PU Perkim Sumsel, pu, pu perkim, pupr, permukiman, kumuh, kawasan kumuh, bedah rumah, warga Palembang, perumahan

Dinas PU Perkim Sumsel bedah rumah warga Palembang

Kepala Dinas PU Perkim Sumsel, Basyarudin Akhmad (kanan) ketika memaparkan program pembangunan dan penataan permukiman 2023. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sumatera Selatan pada 2023 ini memprogramkan bedah rumah atau perbaikan ratusan rumah warga Kota Palembang yang kurang mampu menjadi layak huni dan menata kawasan permukiman agar tidak kumuh.

"Perbaikan rumah tersebut merupakan bagian dari program bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Pemprov setempat," kata Kepala Dinas PU Perkim Sumsel, Basyarudin Akhmad di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk menentukan rumah warga yang perlu dibantu perbaikannya, pihaknya menurunkan tim untuk mengecek kondisi rumah dan pemiliknya.

"Jika tim menilai layak dibantu karena memenuhi syarat kriteria penerima bantuan dari pemerintah pusat, dilakukan proses pendataan dan penyaluran bantuan bedah rumah," ujarnya.

Menurut dia, program bedah rumah tersebut diharapkan bisa meringankan beban warga Kota Palembang yang kurang mampu/miskin agar memiliki rumah yang nyaman dan layak huni.

Selain itu, diharapkan pula melalui program bedah rumah tersebut bisa menata kawasan permukiman setempat menjadi lebih baik dan terbebas dari kekumuhan.

Untuk menata kawasan permukiman kumuh, selain melalui program bedah rumah tersebut, pihaknya mengharapkan partisipasi warga kota yang berada di kawasan target program.

Program tersebut merupakan pemicu untuk menggerakkan semua pihak dan lapisan masyarakat berpartisipasi dalam menciptakan kawasan permukiman yang sehat dan nyaman, ujar Basyarudin.*