Polres Muba siagakan tim pengurai lalu lintas perjalanan Natal

id Jalintim, jalinteng, sumatera, polres muba

Polres Muba siagakan tim pengurai lalu lintas perjalanan Natal

Petugas bersiaga di pos Pelayanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan,Sabtu (24/12/20229/) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Resor Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menyiagakan tim pengurai arus lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan selama perjalanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Musi Banyuasin (Muba) AKP Ricky Mozam, di Sekayu, Kabupaten Muba, Sabtu, mengatakan  tim pengurai beranggotakan personel kepolisian dan Dinas Perhubungan kabupaten setempat.

Tim pengurai lalu lintas tersebut disiagakan di Jalan Lintas Tengah Sumatera ruas Kecamatan Lais, Muba dan Jalan Lintas Timur Sumatera ruas Sungai Lilin lengkap dengan kendaraan roda dua dan empat termasuk mobil derek Dinas Perhubungan.

Tim tersebut bekerja efektif di lapangan selama 11 hari ke depan terhitung sejak  22 Desember 2022 – 2 Januari 2023 selama Operasi Lilin pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru periode ini, kata dia.

Menurut dia, beberapa potensi kemacetan di dua ruas jalan lintas tersebut sudah diantisipasi dengan menghentikan sementara operasional truk angkutan barang muatan besar.

Setiap truk angkutan barang muatan besar baik dari arah Provinsi Jambi mau pun Kota Palembang sementara ini ditepikan di tempat yang luas seperti SPBU dan pool kendaraan setempat, ujarnya.

Kemudian, pasar tumpah masyarakat yang kerap beroperasi di kawasan Sungai Lilin, Sekayu dan sekitarnya yang berbatasan dengan Provinsi Jambi sudah di atur sedemikian rupa sehingga tidak menghambat arus lalu lintas.

Dia menyebutkan, upaya penertiban dilaksanakan sesuai instruksi Kepala Polda Sumatera Selatan Irjen Pol Albertus R Wibowo untuk menciptakan keamanan dan ketertiban arus lalu lintas Natal dan Tahun Baru.

“Secara total kami siagakan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan di perbatasan Banyuasin- Musi Banyuasin dan Musi Banyuasin- Provinsi Jambi,” kata dia, setiap pos ada lima personel kepolisian didampingi Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Badan SAR Nasional.

Adapun berdasarkan laporan kepolisian arus lalu lintas di Jalan Lintas Timur Ruas Sungai Lilin – Provinsi Jambi masih lengang setidaknya sekitar pukul 17.00 WIB.

Kepolisian memperkirakan arus lalu lintas di kawasan tersebut mulai padat sekitar tanggal 24 Desember 2022 – 4 Januari 2023 petang hingga malam hari.

Sebelumnya, Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus R Wibowo mengatakan berdasarkan rapat koordinasi lintas sektoral awal pekan lalu diperkirakan jumlah pergerakan orang tujuan Sumatera Selatan atau hanya melintas meningkat hingga 200 persen dari periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Oleh sebab itu dia menginstruksikan kepada jajaran kepolisian setiap kabupaten/kota untuk melaksanakan pengawalan optimal ke setiap pelaku perjalanan hingga selamat dan aman sampai tujuan.

“Ada potensi kemacetan hingga kecelakaan yang perlu diantisipasi. Titik rawan itu ada di ruas Jalan Lintas Timur Sumatera (Jambi – Musi Banyuasin- Banyuasin- Palembang), Jalan Tol Trans Sumatera GT Kramasan dan juga perairan Sungai Musi,” tandasnya.