Pj Gubernur Sumsel minta sopir truk putar balik urai kemacetan mudik

id Pj Gubernur Sumsel, sopir truk, putar balik, arus mudik, lebaran, idul fitri, arus mudik lebaran, jalintim,berita palembang, berita sumsel

Pj Gubernur Sumsel minta sopir truk putar balik urai  kemacetan mudik

Arus mudik di Jalintim Sumatera kawasan Palembang-Betung mengalami kemacetan. (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meminta sopir truk pengangkut barang selain kebutuhan pokok agar putar balik ke tempat asal karena sesuai ketentuan selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 5 - 16 April 2024 truk barang umum dilarang beroperasi di jalan lintas untuk mencegah kemacetan.

"Hari ini saya melakukan pemantauan arus mudik dan masih menemukan truk barang umum beroperasi di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera antara Palembang-Betung ke arah Jambi dan sebaliknya, yang beberapa hari ini mengalami kemacetan parah. Untuk itu saya minta petugas bertindak tegas mengarahkan sopir truk memutar balik untuk mengurai kemacetan," kata Agus Fatoni di Palembang, Senin.

Selain menindak tegas sopir truk yang melanggar aturan melintas saat arus mudik Lebaran, Pj Gubernur Sumsel menginstruksikan petugas Dishub maksimal membantu aparat kepolisian mengatur arus lalu lintas dan mengurai kemacetan.

Dengan tindakan tegas terhadap sopir truk dan turunnya petugas di jalan lintas rawan kemacetan, kata dia, diharapkan arus mudik Lebaran  terutama di Jalintim Sumatera tersebut bisa lancar.

Sebelumnya Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan pihaknya membatasi lalu lintas mobil truk atau kendaraan sumbu tiga ke atas pada 5 - 16 April 2024 untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran.