30 personel RPK mitra pemasok APP Sinar Mas OKI berlatih di batalyon Arhanud

id rpk,regu pemadam kebakaran,oki pulp,arhanud,sinar mas

30 personel RPK mitra pemasok APP Sinar Mas OKI berlatih di batalyon Arhanud

Regu pemadam kebakaran (RPK) Perusahaan Mitra Pemasok Asia Pupl Paper (APP) Sinar Mas di Wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) berlatih di Batalyon Artileri Pertahanan Udara 12/Satria Bhuana Prakasa (Arhanud 12/SBP) selama dua pekan yang dimulai tanggal 15 Desember 2022. (ANTARA/HO-APP Sinar Mas/2022)

Palembang (ANTARA) - Perusahaan Mitra Pemasok Asia Pupl Paper (APP) Sinar Mas di Wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), PT Sebangun Bumi Andalas (SBA) Wood Industries, PT Bumi Andalas Permai (BAP) dan PT Bumi Mekar Hijau (BMH) melaksanakan latihan penyegaran disiplin, fisik dan mental  untuk 30 orang personel regu pemadam kebakaran (RPK).

Latihan RPK ini dilaksanakan di  Batalyon Artileri Pertahanan Udara 12/Satria Bhuana Prakasa  (Arhanud 12/SBP) selama dua pekan yang dimulai tanggal 15 Desember 2022.

Fire Operation Management Head APP Sinar Mas Region OKI Panji Bintoro dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Palembang, Selasa, menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pelatihan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan RPK perusahaan.

“Sebelumnya kami telah melaksanakan sejumlah pelatihan untuk RPK seperti pelatihan drone (Unmanned Aerial Vechile / UAV)  untuk peningkatan kompetensi RPK di bidang teknologi, sehingga RPK semakin paham teknik menerbangkan drone yang baik dan aman, juga cara perawatan dari drone itu sendiri,” kata Panji.

RPK juga melakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk meningkatkan keahlian dalam upaya pencegahan dan teknik penanggulangan Karhutla.

Di samping itu, karyawan perusahaan juga dilatih dalam menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) sehingga karyawan mampu menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

Pengawas Latihan dari Batalyon Arhanud 12/SBP, Adi Chandra mengharapkan setelah mengikuti pelatihan disiplin, fisik, mental, jiwa korsa dan kerja sama kelompok ini wawasan dan ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dalam menunjang kegiatan RPK di lapangan.

“Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla kami berharap agar seluruh pihak dapat terus  bersinergi, berkolaborasi dan saling membantu satu sama lain, sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana,” ujar Adi. (Rel/D019/I016).