Sederet mobil elektrifikasi di Indonesia yang bisa jadi pilihan

id mobil listrik,DFSK Gelora E,Wuling Almaz Hybrid,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Sederet mobil elektrifikasi di Indonesia yang bisa jadi pilihan

Ilustrasi. Pengisian daya mobil listrik. (Pixabay.com)

Jakarta (ANTARA) - Tren elektrifikasi pada industri otomotif di Tanah Air semakin menggeliat. Banyak pabrikan roda empat yang mulai gencar menghadirkan kendaraan elektrifikasi mereka.

Masyarakat pun kini memiliki banyak pilihan jika ingin memiliki mobil elektrifikasi, baik dari segi model mau pun harga. Berikut adalah sederet mobil elektrifikasi di Indonesia yang bisa menjadi pilihan

1. Toyota All New Kijang Innova Zenix Hybrid

All New Kijang Innova Zenix Hybrid merupakan kendaraan elektrifikasi terbaru dari Toyota. Mobil ini telah mengadopsi platform global TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan struktur monokok berpenggerak roda depan serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Platform baru tersebut memungkinkan disematkannya berbagai teknologi terbaru kepada All New Kijang Innova Zenix seperti mesin 2.0L TNGA, generasi ke-5 Toyota Hybrid System, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT.

All New Kijang Innova Zenix hybrid dijual mulai dari harga Rp458 juta (tipe G), Rp532 juta (tipe V) dan Rp611 juta (tipe Q) on the road.


2. Toyota All New BZ4X

All New BZ4X merupakan kendaraan listrik penuh yang baru-baru ini diluncurkan Toyota di Indonesia. BZ4X memiliki tenaga yang mencapai 214 Hp dengan torsi maksimum yang mencapai 266 Nm.

Mobil yang diimpor langsung dari Jepang alias Completely Built Up (CBU) ini, menggunakan basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

Toyota BZ4X dibanderol dengan harga mencapai Rp1,19 miliar on the road Jakarta.

3. Toyota New C-HR Hybrid

Toyota New C-HR Hybrid merupakan mobil elektrifikasi lainnya dari Toyota yang ada di Tanah Air. Mobil ini telah dilengkapi teknologi keamanan Toyota Safety Sense (TSS).

New C-HR Hybrid menggunakan mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc yang kini telah mengusung standar Euro 5. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp586 juta.

4. Toyota New Corolla Altis Hybrid

Toyota New Corolla Altis diperkenalkan pertama kali pada September 2019 dan telah mendapat penyegaran pada Februari 2022. New Corolla Altis hybrid hadir dengan teknologi Hybrid generasi keempat.

Mobil itu telah dilengkapi platform Toyota New Global Architecture (TNGA), yang dilengkapi fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS) yang telah ditingkatkan. New Corolla Altis Hybrid dijual mulai dari Rp565 juta.

5. Toyota All New Corolla Cross

Toyota All New Corolla Cross hadir di Indonesia pada Agustus 2020. Corolla Cross memiliki mesin HEV dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm.

Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm. Mobil tersebut kini dibanderol dengan harga mulai dari Rp540 juta.

6. New Camry Hybrid

New Camry Hybrid adalah mobil elektrifikasi Toyota yang mengadopsi teknolog mesin hybrid generasi keempat.

New Camry Hybrid telah dilengkapi teknologi Toyota Safety Sense 2 (TSS 2), dengan fitur Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Alert (LDA) hingga Automatic High Beam (AHB).

New Camry Hybrid dijual dengan harga mulai dari Rp874 juta.



7. Mitsubishi Outlander PHEV

Pabrikan otomotif asal Jepang Mitsubishi hadirkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia lewat Outlander PHEV.

Mobil yang didatangkan dengan skema Completely Built Up (CBU) dari Jepang itu dibekali mesin bensin 2.400cc yang mampu menghasilkan tenaga 132,7 dk dengan torsi puncak 211 Nm.

Motor listrik Outlander PHEV mampu menghasilkan daya 60 kw atau 80,4 dk dengan daya jelajah 45 kilometer untuk penggerak roda depan. Sementara pada bagian belakang mampu menghasilkan daya 70 kw atau sekitar 93,8 dk.

Mitsubishi Outlander PHEV ditawarkan dengan harga Rp1,3 miliar.

8. Suzuki All New Ertiga Hybrid

Suzuki All New Ertiga Hybrid menjadi kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) pertama di Indonesia yang mendapat teknologi hybrid.

Berbeda dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik, All New Ertiga Hybrid menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

All New Ertiga Hybrid yang diluncurkan pada Juni 2022 tersebut dijual dengan harga Rp270 juta.

9. Hyundai IONIQ 5

Hyundai meluncurkan IONIQ 5 di Indonesia International Motor Show yang digelar pada 31 Maret-10 April 2022. Kendaraan tersebut dibanderol seharga Rp718 juta hingga Rp829 juta.

IONIQ 5 dilengkapi dengan electric global modular platform (E-GMP) EV-only dari Hyundai Motor Group di pabrik Indonesia untuk penjualan lokal.

Untuk performanya, Ioniq 5 ini sanggup melesat dari 0 - 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 - 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik.

10. Hyundai Kona Electric

Hyundai juga membawa kendaraan listrik segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ke Indonesia lewat Kona Electric.

SUV kompak ini dibekali dengan baterai berkapasitas 39,2 kWh yang menghasilkan jarak tempuh hingga 305 km dengan banderol mencapai Rp742 juta.

11. Nissan Leaf

Nissan Leaf merupakan kendaraan listrik dari Nissan yang diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2021.

Nissan Leaf dibekali baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan The All-New Nissan LEAF dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC).

Nissan Leaf ini sanggup berlari dari 0 – 100 km/jam hanya dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam. Kendaraan ini juga memiliki tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm. Nissan Leaf saat ini dijual dengan harga Rp728 juta

12. Nissan Kicks Power

Nissan Kicks Power adalah kendaraan elektrifikasi lainnya yang dihadirkan Nissan di Indonesia. Nissan Kicks mengadopsi teknologi e-POWER yang memungkinkan pengendara menikmati pengalaman berkendara mobil listrik sepenuhnya tanpa perlu pengisi daya eksternal.

Pada sistem e-POWER, kendaraan digerakkan 100 persen melalui motor listrik, sementara mesin bensin hanya digunakan untuk mengisi daya baterai, sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.

Nissan Kicks e-POWER memiliki kapasitas baterai 2.06kWh dengan estimasi berkendara lebih jauh 30 persen dengan Mode EV, ditambah dengan tenaga sebesar 136PS dan torsi 280Nm. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp429 juta.

13. Wuling air ev

Wuling pada Agustus 2022 resmi mengenalkan Wuling air ev ke pasar Indonesia. Dari segi performa dan kapasitas baterai, Wuling Air EV mengusung motor listrik berdaya maksimal 30 kW. Tenaga yang dihasilkan tersebut dihantarkan melalui transmisi Single Reduction Gear ke roda belakang.

Wuling menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer dan 26,7 kWh untuk tipe Long Range dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh.

Wuling air ev dipasarkan dengan harga Rp238 juta (varian Standard Range) dan Rp295 juta (varian Long Range) untuk on-the-road Jakarta.

14. Wuling Almaz Hybrid

Wuling juga memiliki mobil elektrifikasi lainnya yakni Almaz Hybrid yang diluncurkan pada awal November tahun ini dan dibanderol Rp470 juta.

Wuling Almaz Hybrid mengusung mesin bensin 2.000cc dengan tenaga yang dimuntahkan sebesar 123 hp dengan torsi 168 Nm, motor listrik yang berkompetensi 174 hp dan torsi 320 Nm serta didukung baterai berkapasitas 1,8 kWh.

Mobil hybrid buatan Cikarang, Jawa Barat, juga memiliki teknologi perintah suara berbahasa Indonesia di Almaz pada tahun 2019 yang membuat masyarakat familiar dengan "Halo Wuling".

Kemudian berlanjut dengan inovasi Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada tahun 2021 yang menjadikan Almaz RS menyandang gelar The First Leading Intelligent Digital Car.

15. DFSK Gelora E

DFSK Gelora E dipasarkan di Indonesia dalam dua varian, yakni blindvan untuk angkutan barang dan minibus untuk angkutan penumpang.

Baterai yang digunakan memiliki daya 42 kWH, dan sanggup menyuplai energi sejauh 300 kilometer berdasarkan metode pengujian New European Driving Cycle/NEDC.

Dengan demikian, DFSK Gelora E hanya membutuhkan biaya energi sebesar Rp200 per kilometer, atau setara dengan 1/3 dari biaya operasional kendaraan komersial konvensional. DFSK Gelora E dijual dengan harga Rp484 juta.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2022