Unsri targetkan masuk kategori universitas internasional

id Unsri Palembang, targetkan, universitas internasional, perguruan tinggi, ptn, cumlaude, wujudkan universitas internasion

Unsri targetkan masuk kategori universitas internasional

Rektor Unsri Anis Saggaff (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan menargetkan sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia masuk kategori universitas internasional pada 2023.

"Unsri sudah saatnya masuk jajaran universitas internasional karena memiliki SDM dan lulusan yang memiliki daya saing tinggi di dalam dan luar negeri," kata Rektor Unsri Anis Saggaff pada upacara Dies Natalis ke-62 perguruan tinggi negeri itu, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan target tersebut tercapai jika mereka yang cum laude atau lulus dengan pujian dari masing-masing fakultas mencapai 60 persen.

Sekarang ini, katanya, masing-masing fakultas di Unsri mengeluarkan lulusan sarjana dengan predikat cum laude hampir 50 persen.

"Masing-masing fakultas saat ini mahasiswanya yang lulus mendapat nilai cum laude hampir menuju 50 persen. Selain Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mencetak 41,3 persen mahasiswa dengan lulusan cum laude," ujarnya.

Mengenai jumlah sarjana yang dicetak Unsri setiap tahun mencapai 6000-7000 orang.

Unsri setiap tahun melakukan enam kali wisuda mahasiswa, sepanjang 2022 ini telah dilakukan lima kali wisuda dengan jumlah lulusan mencapai 6.757 orang.

Gubernur Sumsel Herman Deru pada kesempatan itu mengimbau seluruh mahasiswa Unsri untuk mendukung target rektor menjadikan kampus ini sebagai universitas internasional.

"Mahasiswa harus belajar serius agar mendapat nilai terbaik sehingga pada akhir kuliah bisa diwisuda dengan predikat cum laude serta mampu bersaing di dunia internasional," ujar dia.