Grab Indonesia dan Gerkatin Sumsel gelar pelatihan bahasa isyarat

id Grab

Grab Indonesia dan Gerkatin Sumsel gelar pelatihan bahasa isyarat

Antusiasme mitra pengemudi GrabBike dalam acara 'kopi darat' pelatihan Bahasa Isyarat yang diadakan oleh Grab dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Provinsi Sumatera Selatan di kantor Grab Palembang, Selasa (18/10). (ANTARA/HO)

Palembang (ANTARA) - Grab Indonesia berkolaborasi dengan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Sumatera Selatan menggelar pelatihan bahasa isyarat bagi para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab di Palembang, Selasa (18/10).

Pelatihan diikuti 100 peserta secara online dan offline ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai bahasa isyarat dan budaya disabilitas.

Kegiatan ini ditargetkan berlangsung hingga Desember 2022 dan diikuti oleh ratusan mitra secara bertahap.

Penyelenggaraan acara ini merupakan kelanjutan dari komitmen Grab di Palembang sebelumnya yang telah lebih dulu melakukan pelatihan bahasa isyarat sejak April 2022.

Grab juga melaksanakan program perekrutan mitra Grab khusus bagi penyandang disabilitas yang dikenal dengan GrabAccess.

Komitmen Grab di Palembang terhadap kesetaraan disabilitas ini juga mendapatkan apresiasi dari Gerkatin dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada Hari Bahasa Isyarat Internasional (HBII) Tahun 2022 bertema “Bahasa Isyarat Menyatukan Kita” pada Minggu (25/9).

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana mengapresiasi kolaborasi Grab dengan Gerkatin Provinsi Sumatera Selatan yang diwujudkan dalam bentuk ‘kopi darat’ untuk menginformasikan bahasa isyarat dasar bagi para Mitra Grab di Palembang.

“Kegiatan hari ini sangat bermanfaat bagi teman-teman mitra, khususnya dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan apa yang sudah dilakukan dengan Pemprov Sumsel untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada teman-teman penyandang disabilitas,” kata dia.

Ketua Gerkatin DPD Sumsel Iwan Oktarianto mengatakan kolaborasi dengan Grab di Palembang berlangsung sejak April 2022.

Kami sebelumnya juga telah memberikan penghargaan kepada Grab atas komitmennya menjadi platform teknologi yang inklusif pada perayaan HBII dan menjadi satu-satunya perusahaan swasta yang menerima apresiasi tersebut, kata dia.

Kami harap inisiatif ini dapat menjadi sebuah awal yang baik untuk mendukung upaya Gerkatin dalam mendorong kesetaraan bagi teman-teman, sehingga ke depannya dapat mewujudkan lingkungan inklusif dan ramah disabilitas khususnya di Sumatera Selatan, kata dia.

Head of Public Affairs Grab Territory, Siswantoro mengatakan pelatihan bahasa isyarat bagi para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab merupakan salah satu komitmen berkelanjutan kami untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang ramah bagi teman-teman penyandang disabilitas.

Dalam pelatihan ini para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab dibekali pengetahuan bahasa isyarat di antaranya perkenalan abjad, angka, transportasi, bulan dan hari serta cara berkomunikasi dengan disabilitas rungu yang nantinya dapat diterapkan dalam sektor pelayanan transportasi online.

Pada akhir September lalu, Grab Indonesia juga meluncurkan inisiatif #PercayaSETARA yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas. Salah satu programnya adalah membuka fasilitas multifungsi gratis di Cilandak, Jakarta Selatan yang dilengkapi dengan fasilitas meeting yang mumpuni bernama Ruang SETARA sehingga dapat digunakan komunitas penyandang disabilitas untuk berkumpul.