Ratusan nakes di OKU sudah divaksinasi penguat tahap kedua

id Vaksin penguat, tahap kedua, dosis keempat, Dinas Kesehatan OKU

Ratusan nakes di OKU sudah divaksinasi penguat tahap kedua

Seorang nakes di OKU disuntik vaksin penguat tahap kedua, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Ogan Komering Ulu OKU (OKU), Sumatera Selatan, sudah divaksinasi penguat (booster) tahap kedua, yakni sekitar 15 persen dari 3.000 target sasaran.

"Alhamdulillah, sejak dimulai sepekan terakhir capaian vaksinasi penguat tahap kedua atau dosis keempat cukup tinggi sekitar 500 nakes yang sudah divaksinasi," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto di Baturaja, Sabtu.

Andi menjelaskan, untuk tahap awal pemberian vaksin ini diprioritaskan bagi nakes karena merupakan salah satu kelompok dengan risiko penularan tinggi sehingga membutuhkan perlindungan ekstra dari COVID-19.

"Nakes merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan terutama pada masa COVID-19," katanya.

Pemberian vaksin tersebut dilakukan di 18 puskesmas dan seluruh fasilitas pelayanan vaksinasi yang ada di Kabupaten OKU.

Untuk memberikan efek proteksi yang optimal, vaksin COVID-19 diberikan dengan interval atau jarak waktu pemberian tertentu selama enam bulan sejak vaksinasi booster pertama atau dosis ketiga.

"Target kami pada Oktober 2022 seluruh nakes di OKU sudah divaksin penguat tahap kedua sehingga bisa dilanjutkan untuk masyarakat umum," katanya.

Berdasarkan data, cakupan program vaksinasi di Kabupaten OKU secara keseluruhan untuk dosis pertama mencapai 82,6 persen, dosis kedua 67,9 persen, dan vaksin penguat tahap pertama 19,0 persen dari 269.955 target sasaran.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ratusan nakes di OKU Sumsel sudah divaksinasi penguat tahap kedua