Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan kependudukan

id uptd kependudukan,Disdukcapil Palembang,berita sumsel, berita palembang

Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan  kependudukan

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan pelayanan kependudukan dengan memanfaatkan sembilan UPTD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang ada di wilayah kecamatan.

"Petugas UPTD Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di kecamatan pada 2022 didorong bekerja lebih baik untuk membenahi data dan pelayanan kependudukan di Ibu kota provinsi berpenduduk sekitar 1,8 juta jiwa itu," kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Jumat.

Untuk memotivasi petugas UPTD memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di 107 kelurahan dan 18 kecamatan dalam kota setempat,  Fitrianti mengatakan dirinya rutin mengunjungi UPTD Disdukcapil.

Berdasarkan hasil kunjungan ke sejumlah UPTD tersebut sepanjang 2021 ini, kegiatan pendataan dan pelayanan kependudukan berjalan cukup baik, meskipun demikian perlu didorong peningkatan kualitas pelayanan publik di UPTD itu, katanya.

Dia menjelaskan, mengenai pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil terutama pencetakan dan perekaman data KTP-el di Kota Palembang secara umum berjalan dengan baik.

Berdasarkan data, sebagian besar masyarakat di Bumi Sriwijaya ini sudah melakukan perekaman data KTP-el, dan diharapkan bagi yang belum melakukan perekaman data diminta untuk segera menghubungi petugas di UPTD Disdukcapil zona terdekat dengan lokasi tempat tinggal.

Pelayanan kependudukan dan pelayanan publik lainnya akan terus ditingkatkan, untuk itu pihaknya berupaya melakukan evaluasi organisasi perangkat daerah yang melakukan pelayanan kepada warga kota ini, ujar Fitrianti.