Kepatuhan warga Kota Pangkalpinang pakai masker rendah

id penegakan protokol kesehatan,covid bangka belitung,pengendalian covid

Kepatuhan warga Kota Pangkalpinang pakai masker rendah

Petugas membagikan masker kepada warga. (ANTARA/ Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Ketaatan warga Kota Pangkalpinang dalam memakai masker terendah di wilayah Provinsi Bangka Belitung menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 setempat.

"Tingkat kepatuhan menggunakan masker di Kota Pangkalpinang 46,88 persen atau terendah dibandingkan kabupaten lainnya," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, tingkat kepatuhan warga memakai masker di wilayah Provinsi Bangka Belitung menurut hasil pengawasan dalam sepekan terakhir 67,7 persen, lebih rendah dari angka rata-rata nasional 89,33 persen.

"Tingkat kepatuhan terendah berada di Kota Pangkalpinang dengan 46,88 persen," katanya.

Kepatuhan warga dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan di Bangka Belitung tercatat 60,9 persen, lebih rendah dari angka rata-rata nasional 87,68 persen.

"Tingkat menjaga jarak dan menghindari kerumunan masyarakat terendah juga berada di Kota Pangkalpinang dengan 50 persen," kata Andi.

Menurut dia, secara keseluruhan tingkat kepatuhan warga Bangka Belitung terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 masih lebih rendah dibandingkan angka rata-rata di tingkat nasional.

"Kami tidak bosan-bosannya terus mengajak kita semua untuk membiasakan prokes dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi COVID-19 ini bisa terkendali dan segera berakhir," katanya.

"Kita harus selalu disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan sebisa mungkin menghindari kerumunan/keramaian, serta mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer dan mengurangi mobilitas agar terhindar dari virus berbahaya ini," ia menambahkan.