Dinas Perikanan dan Peternakan OKU periksa kesehatan hewan

id Pemeriksaan hewan kurban, bentuk tim, usia hewan, sapi dan domba, tanda hewan sehat, dokter hewan, Diskannak Kabupaten OKU

Dinas Perikanan dan Peternakan OKU periksa kesehatan hewan

Petugas Diskannak Kabupaten OKU memeriksa kesehatan hewan kurban, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual pedagang guna memastikan layak kurban pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Tri Aprianingsih didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sugiarto di Baturaja, Senin menjelaskan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang diperjualbelikan pedagang ini guna memberikan rasa aman bagi masyarakat yang ingin berkurban.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menerjunkan tiga tim dan melibatkan dokter hewan guna menyisir 15 titik tempat penjualan hewan kurban sapi dan domba yang dijual pedagang.

Pemeriksaan kesehatan hewan mulai dari cek suhu tubuh, nafas dan nadi termasuk melihat gerakan hewan guna memastikan tidak memiliki gejala penyakit sehingga aman dikonsumsi masyarakat.

Selain itu, usia hewan yang dijual pedagang juga menjadi perhatian serius dengan memeriksa gigi pada sapi dan domba untuk memastikan hewan sudah layak kurban.

Jika hewan dinyatakan sehat dan usianya sudah layak kurban maka akan diberikan tanda serta surat keterangan layak kurban yang dikeluarkan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU. 

"Untuk hasil kegiatan hari ini belum dapat dipastikan berapa banyak hewan yang dinyatakan tidak layak kurban karena proses pendataan masih terus berlangsung hingga saat ini," ujarnya.

Hanya saja, Tri mengimbau masyarakat agar membeli hewan kurban yang sudah diberikan tanda dan memiliki surat keterangan layak kurban dari dinas terkait tersebut.